fbpx
XC40 Siap Dijual, Kini Volvo Kembangkan Mobil SUV Listrik Mini XC20

Geliar mobil listrik masih terus menjadi-jadi. Dari Eropa, tepatnya dari Swedia, pabrikan mobil Volvo sudah menyiapkan kendaraan listrik pertama mereka. Mobil listrik Volvo yang beri nama XC40 Recharge Pure Electric P8 telah memulai produksinya.

Mobil ini akan menggunakan dua motor listrik, dengan penggerak semua roda dan output sistem gabungan 408 PS dan 660 Nm. Volvo mengklaim mobil ini mampu berlari dengan kecepatan 0-100 km dengan waktu 4,9 detik dan kecepatan tertinggi 180 km/jam.

Sementara untuk baterai, mobil ini menggunakan lithium-ion 78 kWh yang menjangkau sekitar 400 km (siklus WLTP) dengan pengisian penuh. Untuk pengisian baterai XC40 mendukung pengisian DC 150 kW melalui koneksi CCS.

Teknologi pengisian ulang ini diklaim Volvo hanya perlu 40 menit untuk mencapai status pengisian daya 0-80%. Hal ini sekaligus menguatkan komitmen perusahaan-perusahaan Eropa untuk mengurangi emisi CO2 hingga 40% per mobil pada tahun 2025.

Baca juga: 3 Pilihan Mobil Listrik Ini Segera Menyapa di Indonesia

XC20, Versi Mini XC40

Meskipun sudah mulai memproduksi Volvo XC40, namun pabrikan mobil asal Swedia ini siap menghadirkan versi mininya. Mobil listrik Volvo berjenis crossover dengan nama XC20.

Dikutip dari carscoops, mobil ini adalah versi mini dari XC40 yang termasuk kategori SUV. Selain itu, harganya pun disebut lebih murah dari sang kakak.

Masih sama dengan XC40, mobil Volvo XC20 akan dibangun di atas platform milik Geely Sustainable Experience Architecture (SEA) dalam pengenalannya di Beijing Auto Show.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan atau bahkan bisa dibilang prototipe, namun, niat Volvo untuk meneruskan tren mobil listrik yang terus menggeliat tampaknya memang akan benar-benar jadi kenyataan.

Volvo akan mengembangkan mobil ini di Tiongkok. Sebagai bocoran, meskipun berjenis Crossover, mobil listrik Volvo XC20 akan berbeda dibandingkan dengan XC40. Salah satunya adalah pada bagian ground clearance dan juga kemampuannya yang lebih handal di berbagai lintasan, sehingga Volvo akan memasukkan mobil ini sebagai mobil yang tepat untuk kegiatan offroad.

Kita tunggu saja, apakah Volvo bisa menyediakan mobil ini nantinya, sembari berharap Volvo akan memasarkan mobil listriknya di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Saingi Tesla, Mercedes Siapkan Konsep Mobil Listrik EQS

Baca juga: Mobil listrik Jerman, Volkswagen ID 4 Resmi Dikenalkan

Artikel Rekomendasi
Mobil Listrik Imut Renault Bernama Twizy Resmi Hadir di Indonesia
Mobil Listrik Imut Renault Bernama Twizy Resmi Hadir di Indonesia

Mobil listrik imut dari Renault hadir di Indonesia. Berapa harganya?

Taycan All Electric Sports  Andalan Baru Porsche untuk Mobil Listrik
Taycan All Electric Sports Andalan Baru Porsche untuk Mobil Listrik

Porsche menggebrak di awal tahun 2021 dengan mengenalkan Taycan All Electric Sport. Seperti apa keunggulan mobil listrik yang satu ini?

Jeep Compass Facelift 2021 Siap Hadir di Indonesia
Jeep Compass Facelift 2021 Siap Hadir di Indonesia

Jeep Compass facelift 2021 terbaru dikabarkan akan segera hadir di Indonesia. Seperti apa pembaruannya?

Renault Kenalkan Prototipe Mobil Listrik Terbarunya
Renault Kenalkan Prototipe Mobil Listrik Terbarunya

Mobil konsep Renault 5 dikenalkan. Dbaingkitkan dari masa lalu, mobil ini akan menjadi salah satu mobil listrik milik Renault di masa depan

Toyota Tetap Dominasi 10 Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2020
Toyota Tetap Dominasi 10 Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2020

Meskipun Honda jadi raja mobil terlaris, namun, Toyota tetap mendominasi. Apa saja merk mobil terlaris di Indonesia sepanjang tahun 2020?

Baca juga