fbpx
3 Hal Ini Jadi Pemicu Alarm Mobil Gagal Bekerja dan Rusak
Article 01

Salah satu komponen keamanan yang paling penting pada sebuah kendaraan, fungsi alarm mobi tentunya tidak bisa diabaikan. Sama seperti bagian atau komponen lainnya, alarm mobil rusak atau gagal bekerja dengan pun tentunya pernah terjadi pada pemilik mobil.

Kerusakan ini tentunya dipicu oleh beberapa hal. Paling erat tentunya adalah sistem mobil atau bahkan hingga bagian kelistrikan. Namun, jangan panik jika alarm mobil rusak atau gagal bekerja dengan baik.

Sebelum diperbaiki, kenali terlebih dahulu beberapa hal yang membuat alarm mobil gagal bekerja atau mengalami kerusakan.

Baca juga: 3 Cara Terbaik Merawat dan Membuat Airbag Mobil Tetap Awet

1. Daya baterai menurun

Penyebab pertama alarm mobil rusak atau tidak bekerja dengan baik adalah karena mulai melemahnya daya baterai pada Central Lock. Jika mulai lemah atau bahkan habis,, maka akan terus membuat mobil berbunyi.

Hal ini tentu saja menganggu, karena akan membuat suara bising yang menganggu lingkungan sekitar. Plus, sebagai pemilik mobil, membuka pintu pun harus dilakukan secara manual.

Jadi, jika alarm mobil tidak bekerja, pastikan untuk mengecek kondisi baterai Central Lock terlebih dahulu.

2. Kurang teliti menutup pintu

Penyebab yang sepele, namun tetap memberikan efek yang besar pada mobil, terutama pada sistem alarmnya. Kerusakan pada alarm mobil bisa terjadi karena pemilik mobil kurang teliti dalam menutup pintu mobilnya.

Satu hal yang pasti, pintu mobil tidak bisa ditutup dengan setengah-setengah atau dibanting begitu saja. Perlu teknik tersendiri untuk memastikan menutup pintu mobil dengan baik dan sempurna.

Jika tidak dilakukan, maka lambat laun akan berpengaruh pada sistem kerja alarm. Dibiarkan dan terus terjadi, bisa-bisa fungsi keamanan pada mobil ini memang benar-benar akan rusak.

3. Sensor tidak bekerja

Berikutnya, yang menyebabkan alarm mobil tidak bekerja dengan baik, dipengaruhi oleh sensor. Sensor yang rusak, tentunya akan membuat fungsi alarm tidak bekerja dan membuat sistemnya akan terkunci.

Jadi, jika sensornya memang sudah tidak bekerja dengan baik, pastikan untuk membawa mobil ini ke bengkel sesegera mungkin.

Baca juga: Tips Merawat Rem Mobil Demi Menjaga Keamanan Berkendara

Baca juga: 4 Mobil Toyota dengan Fitur Keselamatan Raih Penghargaan Terbaik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga