fbpx
3 Hal Ini Jadi Penyebab Oli Transmisi Mobil Bocor
Article 01

Pada satu waktu, kebocoran pada komponen mobil tidak bisa dihindarkan. Salah satunya adalah oli transmisi mobil bocor dan ini terjadi tanpa disadari pemilik mobil. Namun, sebelum melakukan perawatan, selaku pemilik mobil kamu bisa mengidentifikasi, apa saja yang jadi penyebab oli transmisi Mobil bocor. Berikut beberapa panduan untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga: Jangan Abai Ini Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis

Baca juga: 5 Cara Mengenali Gejala dan Kerusakan Mobil Bertransmisi Matik

1. Jarang servis berkala oli transmisi

Masih sering lalai, ganti oli transmisi? Nah, hal ini bisa menjadi [enyebab oli transmisi mobil bocor. Padahal, dari buku manual yang diberikan oleh pabrikan mobil, kamu sudah diwajibkan untuk Cara Menggunakan Aplikasi Booking Bengkel Carsworld secara berkala. Jika ini tidak dilakukan sesuai waktunya, tentu akan memberikan pengaruh yang buruk pada mobil.

Ilustrasi sederhananya, ketika mengemudi, cairan transmisi mengambil potongan kecil logam sebagai komponen di dalam boks mesin yang mudah aus. Jika terus dilakukan tentunya akan membuat komponen mobil rentan untuk lemah. Oleh karena itu, dibutuhkan servis berkala untuk oli transmisi mobil.

Jika tidak serpihan logam tadi bisa merusak gasket karena dipaksa bekerja terus-terusan tanpa mendapatkan perawatan.

2. Mobil terlalu aus

3-hal-ini-jadi-penyebab-oli-transmisi-mobil-bocor

Pada waktunya, sebuah mobil pasti mengalami keausan. Namun, jika terus dibiarkan dapat menyebabkan kebocoran transmisi. Inilah yang jadi penyebab oli transmisi mobil bocor.

Contohnya, poros transmisi akan bergesekan dan segel gasket. Gesekan-gesekan ini tentunya terjadi tiap hari dan membutuhkan cairan pelumas agar tidak rentan rusak dan mudah aus.

Namun, jika tak dirawat dan oli transmisi tidak diganti, gesekan-gesekan ini akan memperparah keausan mobil, sehingga menyebabkan kebocoran pada oli transmisi.

3. Gangguan karena kecelakaan

3-hal-ini-jadi-penyebab-oli-transmisi-mobil-bocor

Pernah mengalami kecelakaan, dan kemudian sudah mendapatkan perawatan dengan baik, bukan berarti kondisi mobil menjadi baik. Apalagi, jika pada saat kecelakaan, salah satu roda bertabrakan langsung memungkinkan cairan transmisi bocor.

Sederhananya, transmisi punya satu hingga tiga poros keluaran yang merupakan driveshafts atau poros diferensial yang bergerak menuju roda mobil. Jika salah satu poros ini tersentak atau terhantam karena kecelakaan maka bisa merusak segel transmisi dan menyebabkan kebocoran.

Jadi, jika tidak ingin transmisi mobil bocor, tiga penyebab ini bisa menjadi pertanda untuk kamu agar lebih berhati-hati dan merawat mobil dengan baik.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Oli Transmisi Mobil Matic Berkurang

Baca juga: Ini yang Bikin Transmisi Mobil Matic Jadi Rusak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga