fbpx
3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Beli Mobil Matic Bekas
Article 01

Salah satu pilihan membeli kendaraan yang bisa dilakukan adalah dengan membeli kendaraan jenis "second" atau bekas. Khusus untuk kendaraan roda empat, hal ini tentunya tak bisa dilakukan sembarangan, khususnya mobil dengan transmisi matic. Selain dana, butuh perencanaan yang tepat untuk beli mobil bekas matic.

Terdapat pilihan atau rekomendasi mobil matic harga termurah yang menggiurkan, namun, tiga hal penting ini tak bisa dilewatkan begitu saja.

Baca juga: Tips dan Pilihan Servis yang Wajib dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

1. Cek oli transmisi

Hal penting pertama yang wajib dilakukan adalah mengecek kondisi oli mobil. Tak hanya riwayat oli mesinnya saja yang penting untuk diperiksa, namun oli transmisi pun harus juga wajib dicermati.

Cek kondisi bau, warna, serta kandungan oli transmisi pada mobil matic bekas yang akan kamu pilih. Jika terjadi perubahan yang tidak normal, maka ini bisa pertanda ada yang tidak beres dengan mobil matic tersebut. Jadi, berhati-hatilah, dan cek selalu oli transmisi mobil.

2. Cek lampu indikator

Bagian berikutnya yang wajib untuk diperiksa adalah memeriksa lampu indikator sebelum beli mobil matic bekas. Cara pemeriksaan bisa dilakukan dengan menyalakan mesin dan menggeser tuas transmisi ke berbagai posisi.

Pastikan lampu indikator menyala sesuai dengan pergerakkan transmisi, misanya ketika OD diaktifkan, maka lampu indikator Overdrive pun menyala.

3. Test Drive

Test Drive adalah bagian umum dari pengetesan ketika akan berencana beli mobil matic bekas. Beberapa diantaranya adalah menginjak rem dan mencoba mengganti tuas transmisi.

Jika terasa berat atau muncul hentakan keras, maka ada permasalahan pada tuas transmisi mobil.

4. Tes perbandingan gigi

Tak hanya itu, sistem transmisi matic punya perbandingan gigi. Jangan lupa untuk melakukan tes. Khusus untuk yang menggunakan transmisi CVT, biasanya akan mengalami perpindahan gigi dikarenakan d pul yang terhubung dengan belt.

Ketika saat melakukan ini, pastikan juga mengujinya dengan berakselerasi. Jika terasa kasar, maka berarti transmisi tersebut bermasalah.

Baca juga: 5 Pertanda Jika Rem Mobil Bekas Mengalami Kerusakan

Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas di Masa “New Normal” 2020

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga