fbpx
3 Kebiasaan yang Bikin Kampas Rem Mobil Matic Aus

Tak ada yang tak menyenangkan dari mobil matic. Mengendarainya mudah dan dikenal lebih efisien. Namun, bagian sebagian orang mobil matic punya kutukannya sendiri. Salah satunya adalah jika komponen mobi yang rusak. Hal paling tidak mengenakkan tentu saja adalah ketika kampas rem mobil matic aus.

Salah satu penyebab dasarnya adalah karena usia pakai rem yang pendek dan membuat kapasnya pun lebih cepat menipis. Meskipun begitu, hal normal untuk penggantian kampas rem mobil matic berada pada angka 30.000 kilometer.

Salah satu penyebab kampas rem mobil matic aus pun sebenarnya sepele. Bahkan, berasal dari kebiasaan pengemudinya. Lalu, apa saja yang bisa menyebabkan bagian kampas rem ini menjadi aus?

Baca juga: Agar Terus Terawat, Seperti Ini Cara Mengendarai Mobil Matik yang Baik

Baca juga: Cara Meminimalisir Kesalahan Saat Menggunakan Mobil Matic

1. Terlalu sering menahan pedal rem


Kebiasaan ini mungkin masih sulit dihindari. Terlalu sering menahan pedal rem pemilik mobil matik lebih suka menahan pedal rem dengan kaki Hal lain yang terkait dengan menginjak pedal rem adalah ketika posisi tuas transmisi masih berada di D.

Jika ini terus terjadi, maka kampas rem mobil matic akan sangat mudah aus. Bahkan bisa lebih cepat dari waktunya.

2. Terlalu sering digunakan

Memang, penggunaan rem yang terlalu sering dan berlebihan adalah hal yang wajar. Lalu, bagaimana jika terlalu sering atau bahkan melebihi kapasitasnya? Kondisi seperti akan membuat kampas rem bekerja lebih keras.

Apalagi, ketika kondisi jalanan yang macet juga ikut memengaruhi dimana rem mobil dipaksa bekerja lebih sering. Hal ini terkadang bisa memicu pada tindakan terlalu sering menginjak pedal rem dan juga ketika pedal rem ditekan saat transmisi berada pada posisi D.

3. Terlalu sering rem mendadak


Hal berikut yang menyebabkan kampas rem mobil matic aus adalah kebiasaan rem bukan pada waktunya. Contoh yang kerap terjadi adalah ketika jalanan sudah menunjukkan lampu merah, para pemilik mobil kerap baru menginjak pedal remnya ketika akan berhenti.

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga