fbpx
3 Tanda Ini Menyatakan Oli Gardan Mobil Harus Diganti
Article 01

Tak hanya mesin dan transmisi, gardan pun butuh dilumasi dengan oli. Hal ini agar fungsi gardan untuk meneruskan tenaga putar yang dihasilkan mesin ke roda penggerak dapat berjalan dengan baik. Namun, tak semua pemilik mobil yang paham kapan saatnya ganti oli gardan mobil.

Jika ini tidak dimengenerti, tentunya bisa berhbahaya bagi fungsi dan kerja mobil. Oleh karena itu, penting kitanya mengatehui gejala atau tanda kapan saatnya untuk ganti oli gardan mobil. Apa saja ya?

Baca juga: 5 Daftar Oli Mobil yang Perlu Diperiksa Setelah Melakukan Perjalanan Jauh

1. Suara dari gardan

Car spare tire and rear axle suspension

Tanda pertama yang menyiratkan gardan mobil harus diganti adalah ketika munculnya suara mendengung dari bawah mobi dan diikuti getaran pada mobil ketika melewati jalanan yang menurun.

Hal ini terjadi karena oli gardan sudah tidak mampu bekerja dengan melumasi bagian gigi-gigi secara sempurna. Jika ini terjadi, periksa dan lakukan eprawatan di bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan kepastian apakah oli gardan mobil harus diganti secepat mungkin.

2. Melewatkan waktu ganti oli gardan

Setiap komponen mobil haruslah dirawat secara berkala. Hal ini termasuk oli gardan. Secara umum pergantian ini dilakukan ketika kendaraan sudah menempuh jarak pada angka 40.000 kilometer.

Sayangnya, tak semua pemilik mobil pun selalu ingat akan hal ini. Bahkan, ketika mobil sudah melewati angka 40.000 kilometer perjalanan, oli gardan pun tetap tak diganti.

Akibatnya, komponen mobil tidak bekerja dengan baik, dan menurunkan performa kendaraan secara keseluruhan. Jadi ingat selalu kapan sebaiknya untuk ganti oli gardan mobil. Tandanya? Jika kendaraan kamu sudah menempuh jarak sepanjang 40.000 kilometer.

3. Warna oli gardan

3-tanda-ini-menyatakan-oli-gardan-mobil-harus-diganti

Tanda berikutnya adalah warna oli itu sendiri. Hal ini terlihat dari warna oli yang kemudian menjadi putih adalah sinyal bahwa oli gargan pada mobil harus diganti. Hal ini terjadi karena oli sudah terkontaminasi dengan air. Terutama ketika melewati jalanan yang penuh dengan genangan air.

Hal berikutnya yang menjadi penyebab adalah karena oli gardan tidak diganti, meskipun kendaraan sudah menempuh jarak sepanjang 40.000 kilometer.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Oli Transmisi Mobil Matic Berkurang

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga