fbpx
4 Bagian Kaki kaki Mobil Bekas yang Wajib Diperiksa Sebelum Membeli
Article 01

Tak ayal, ketika ingin membeli mobil bekas, semua komponen harus dicek. Termasuk bagian kaki kaki mobil. Jika tidak dicek dan diteliti, bisa-bisa kaki kaki mobil bekas akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Hal ini penting untuk selalu dijaga dan diingat, karena kaki kaki mobil biasanya akan mengalami penurunan fungsi di setiap tahunnya. Jadi, buat kamu yang berencana untuk membeli mobil bekas, cek terlebih dahulu, kondisi kaki kaki mobil bekas yang akan kamu beli.

Lalu, apa saja bagian kaki kaki yang harus dicek? Berikut pilihannya.

Baca juga: Ini Tanda Shock Absorber Mobil Rusak dan Tidak Berfungsi Baik

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

1. Bushing arm

Fungsinya adalah sebagai peredam getaran pada sambungan komponen yang terlibat di kaki kaki mobil. Besi yang disokong karet adalah bahan-bahan yang membuat bushing arm.

Jika beberapa bagian tersebut mengalami kecacatan atau sudah rusak, tentunya akan membuat mobil menjadi tidak nyaman untuk dikendarai. Pengecekan ini penting dilakukan sebelum membeli mobil bekas.

Caranya sederhana, kamu bisa merasakan dan melihat bagaimana laju kendaraan ketika dikemudikan. Apakah melenceng menuju dua sisi atau tidak. Jika melenceng, bisa dipastikan Bushing arm mobil mengalami masalah.

2. Bearing

Bagian kaki kaki mobil yang satu ini bertugas sebagai bantalan di roda dan memengaruhi putaran roda, sehingga menjaga kestabilan laju mobil.

Cara pemeriksaan kaki kaki mobil ini pun sederhanaya, kamu bisa menggunakan dongkrak dan mengangkat mobi lalu, putar ban mobil secara manual. Jika mendengarkan suara yang tidak nyaman, maka ada gangguan pada bearing mobil.

3. Shockbreaker

Paling umum, siapa pun pemilik mobil pasti mengenal bagian mobil yang satu ini. Tujuannya adalah meredam guncangan. Namun, jika ini terjadi pada mobil yang sudah berusia lama, maka fungsinya pun akan menurun.

Oleh karena itu, jika ingin membeli bekas, pastikan untuk mengecek bagian shockbreaker ini. Cara mendeteksinya pun cukup mudah. Jika mendengarkan suara yang tidak nyaman, saat mobil melaju, maka shockbreaker ini sedang mengalami gangguan.

4. Ban

Terakhir, bagian yang harus diperisak tentu saja adalah ban mobil. Cek segala hal tentang bagian ini. Tanyakan, apakah ban mobil selama ini pernah dirotasi. Periksa juga bagian permukaannya apakah mengalami aus atau tidak.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga