fbpx
4 Cara Efektif Menjaga Kestabilan Suhu Mesin Mobil
Article 01

Kestabilan suhu mesin mobil adalah suatu hal yang wajib dijaga. Sayangnya, tak semua pemilik mobil sigap melakukan. Padahal cara menjaga suhu mesin mobil ini terbilang mudah.

Hal yang paling sering dilakukan tentu saja adalah memanaskan mesin mobil sebelum beraktivitas. Namun, ada empat cara lain yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga suhu mesin mobil. Berikut beberapa bagian sederhana yang bahkan bisa kamu lakukan sendiri.

Baca juga: Bagian Mobil Bekas Ini Harus Diperiksa Ketika Mesin Panas

Baca juga: Hati-hati! 4 Faktor Ini Jadi Penyebab Mobil Turun Mesin

1. Kondisi radiator

Car condenser radiator

Pemeriksaan wajib pada kondisi radiator dan kebocoran sistem pendingin seperti upper tank dan lower tank adalah cara pertama. Dalam rentang waktu tertentu dua bagian ini bisa saja mengalami retak atau pecah, terutama pada radiator yang terbuat dari plastik.

Tak hanya itu, kipas radiator pun wajib diperiksa agar fungsinya tetap berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika tidak mesin yang terlalu panas tidak akan terkendali dan akan menjadi overheating.

2. Gunakan stick oli

Menjaga volume oli pun hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Oleh karena itu, gunakan stick oli untuk mengukur ketinggian oli mesin.

Jika kurang, tentu saja akan berpotensi menimbulkan panas yang berlebihan pada mesin mobil. Jika cukup, tentunya mampu berperan sebagai pelicin bagi gesekan-gesekan yang terjadi pada komponen mobil, sekaligus menjadi pendingin bagi mesin.

3. Cek V – Belt

4-cara-efektif-menjaga-kestabilan-suhu-mesin-mobil
Car mechanic replacing timing belt at camshaft of modern engine

Memeriksa kondisi V- Belt pun wajib dilakukan karena akan berpengaruh pada kinerja kipas radiator. Tentunya, kamu tidak ingin pengalaman buruk ketika berkendara tiba-tiba V-Belt tidak bekerja dan membuat kipas radiator gagal menjalankan fungsinya, sehingga beban mesin yang terlalu panas tak lagi tertolong dan menjadi overheating.

4. Jangan terburu-buru cuci mobil

4-cara-efektif-menjaga-kestabilan-suhu-mesin-mobil

Terakhir, ini adalah salah satu kebiasaan yang mungkin kerap terjadi pada pemilik mobil. Buru-buru mencuci mobil, bahkan ketika suhu mesin mobil sedang tinggi-tingginya.

Hal ini tidak boleh dilakukan karena akan memberikan dampak yang besar pada mesin dan beberapa komponen penting lainnya. Disarankan untuk menunggu dalam rentang waktu 30 hingga 60 menit, untuk kemudian mencuci mobil yang baru saja digunakan.

Baca juga: Sering Terlewatkan, Kenali 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor

Baca juga: 5 Gangguan yang Menyebabkan Mesin Mobil Mogok Mendadak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga