fbpx
4 Cara Terbaik dan Trik Hemat Merawat Mobil Sendiri

Tak selamanya biaya servis mobil berkala itu gratis. Kenyataan ini harus diterima oleh pemilik mobil. Untuk jangka panjang perawatan mobil pun tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk itu, dibutuhkan cara hemat merawat mobil sendiri.

Cara-cara berikut ini memastikan untuk membuat pengeluaran untuk servis mobil kamu tidak akan menguras dompet. Apa saja ya?

Baca juga: 9 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

Baca juga: Mobil Hybrid Mulai Jadi Tren, Ini Tips dan Cara Merawatnya

1. Ganti dengan suku cadang asli

Tak jarang beberapa pemilik mobil memilih untuk melakukan strategi jangka pendek untuk perawatan mobilnya. Misalnya ketika pergantian suku cadang.

Memilih suku cadang KW dengan harga yang miring memang sedikit menguntungkan. Namun, tak semua suku cadang itu benar-benar berfungsi dengan baik.

Alhasil, suku cadang yang KW tersebut tidak bisa membuat mobil bekerja lebih baik. Bahkan, beberapa diantaranya cenderung membuat fungsi mobil terganggu. Beberapa diantaranya, karena usia pakaianya yang memang terbilang pendek. Alhasil, sebagai pemilik mobil, kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk mengganti suku cadang yang lain.

Jadi, jika memang sudah saatnya mobil kamu melakukan pergantian suku cadang, pastikan untuk menggantinya dengan yang asli. Harganya memang terbilang mahal. Namun, di kemudian hari, kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang yang jumlahnya tentu tak sedikit untuk membeli suku cadang lagi.

2. Sesuaikan BBM


Masih ada beberapa pemilik mobil yang kerap memaksakan mengisi tangki kendaraan dengan bensin beroktan rendah, atau tidak sesuai dengan jenis mobil yang dimilikinya.

Faktanya, setelah pembelian mobil dilakukan, hampir seluruh pabrikan mobil selalu mengingatkan agar mobil menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Harga bahan bakar dengan oktan tinggi memang mahal, namun umur komponen mobil yang bekerja pun cenderung lebih lama ketimbang bahan bakar dengan oktan rendah.

3. Wajib servis berkala

6-kerugian-jika-mobil-tidak-mengikuti-jadwal-servis-berkala

Pabrikan mobil akan selalu memberikan petunjuk kapan mobil mulai harus di servis. Hal ini pun mencakup semua komponen mobil. Mulai dari mesin, oli, ban, aki, radiator dan lain-lain.

Sayangnya, jadwal servis berkala ini masih kerap diabaikan oleh sebagian pemilik mobil. Beberapa keuntungannya adalah agar garansi kendaraan tidak hilang.

Hal berikut dari wajib dan rutin melakukan servis berkala, adalah mobil akan tetap prima dari waktu ke waktu dan jauh meninggalkan masalah dibandingkan dengan pemilik yang abai dengan jadwal servis berkala.

4. Unduh aplikasi Carsworld

Cara terbaik merawat mobil berikutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Trik ini akan sangat berguna buat kamu yang memang berencana untuk servis mobil dengan harga yang hemat.

Mengunduh aplikasi Carsworld adalah pilihan tepat. Terutama, buat kamu pemilik mobil yang garansi servis berkalanya sudah habis. Berbekal bengkel-bengkel terbaik dan teknisi terpercaya, permasalahan mobil yang bisa saja datang tiba-tiba akan terbatu dengan aplikasi Carsworld.

Melalui aplikasi Carsworld, kamu bahkan bisa melakukan pemesanan ajadwal servis mobil yang disesuaikan dengan kendala yang dialami. Bahkan, beberapa paket servisnya pun berada dalam harga yang normal.

Pergantian suku cadangnya pun selalu yang terbaik. Jadi, agar cara hemat merawat mobil kini bisa kamupastikan dengan melakukan empat hal ini.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga