fbpx
4 Hal Ini Bisa Membantu Mobil Transmisi Matic Lebih Awet
Article 01

Siapa pun pemilik mobil, tentunya menginginkan kondisi mobil yang memang benar-benar tahan lama atau awet. Salah satunya adalah di masa kini dimana mobil transmisi matic menjadi primadona tersendiri. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar mobil matic lebih awet. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Sebelum Dikemudikan, Ini Cara Tepat Mengenali Transmisi Mobil Matik

Baca juga: Ini yang Bikin Transmisi Mobil Matic Jadi Rusak

1. Penggunaan transmisi yang tepat

Penggunaan transmisi ‘P’, ‘R’, ‘N’, dan ‘D’, masih menjadi hal yang kerap tak diperhatikan oleh para pemiliknya. Sederhananya, transmisi ini harus digunakan dengan tepat. Paling sederhana, misalnya penggunaan ‘P’, yang memang digunakan untuk parkir.

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah bagaimana kebiasaan menggeser transmisi tersebut. Beberapa pemilik mobil kerap melakukannya dengan cara yang terbilang "kasar". Padahal cara ini jelas salah, dan bisa membuat transmisi pada mobil matic menjadi cepat rusak.

Oleh karena itu, pastikan ketika memindahkan transmisi sesuai dengan kebutuhannya dengan cara yang dilakukan secara perlahan, tidak dengan kasar, apalagi terburu-buru.

Jika dilakukan dengan kasar dan secara terus menerus, gesekan-gesekan yang terjadi dapat membuat komponen dari transmisi itu sendiri menjadi rusak.

2. Panduan dalam akselerasi

Tak jarang pemilik mobil matic kerap melakukan akselerasi mobilnya dengan sembarangan. Padahal, pada faktanya hal ini tidak boleh dilakukan.
Sebagai contoh, menginjak gas atau rem secara berlebihan dalam satu waktu dengan cara yang tidak baik. Atau, jangan menarik gas terlalu kencang melakukan pengereman secara mendadak dijadikan sebagai sebuah kebiasaan.

Melakukan akselerasi dengan baik, dan teratur akan membantu kondisi mobil matic menjadi lebih awet, bahkan bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

3. Servis berkala

Agar mobil matic lebih awet, jangan lupakan servis berkala sesuai dengan waktunya. Hal ini bisa ditemukan pada buku manual yang diberikan pabrikan.

Perhatikan, kapan waktu yang tepat untuk ganti oli atau perawatan komponen mobil lainnya secara detil. Rajin melakukan servis berkala di bengkel mobil, tentunya akan sangat membantu mobil untuk tetap terawat dan awet.

Bahkan, meskipun sudah berlangsung lama nilai dari mobil tersebut akan tetap terjaga, terutama buat pemilik yang berencana untuk menjual kembali mobil tersebut.

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Transmisi Matic dan Transmisi Manual

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Oli Transmisi Mobil Matic Berkurang

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga