fbpx
4 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kopling Mobil Manual Jebol
Article 01

Meskipun mobil matic jadi buruan, namun mobil dengan transmisi manual masih jadi pilihan tersendiri sebagian masyarakat. Perawatan mobilnya di bengkel dikenal tak terlalu mahal, harga belinya pun masih tergolong murah. Beberapa hal tersebut sudah menandakan bahwa mobil manual masih menjadi salah satu yang favorit di Indonesia. Namun sayangnya, banyak pemilik mobil yang justru tidak memulai perawatan mobil manual dari dirinya sendiri. Salah satunya adalah hal-hal yang jadi penyebab kopling mobil manual jebol.

Padahal kopling adalah hal yang sangat penting bagi mobil manual. Fungsinya tersebar ke komponen mobil lainnya, agar fungsi "manual" memang benar-benar bekerja pada mobil tersebut. Lalu, apa saja yang jadi penyebab kopling mobil manual jebol?

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kopling Mobil Jadi Cepat Rusak

Baca juga: Selain Kampas, Ini 3 Penyebab Kopling Mobil Terasa Berat

1. Cara mengemudi

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-manual-jebol
Car Pedals. Modern Car Clutch, Gas and Brake Pedals Closeup.

Cara mengemudi mobil manual yang asal-asalan dan kasar adalah penyebab pertamanya. Hal ini bisa membuat fungsi kopling dengan cepat menurun bahkan jebol.

Jika terus melakukan hal seperti ini dikhawatirkan akan merembet ke komponen-komponen mobil lainnya. Terutamanya, ketika terlalu sering menginjak kopling dengan kasar bisa menyebabkan gesekan komponen menjadi lebih besar dan berakhir jebol.

2. Jarang menggunakan posisi netral

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-manual-jebol

Salah satu kelalaian yang kerap terjadi pada pengemudi mobil manual adalah tidak memindahkan gigi ke posisi netral, misalnya ketika sedang lampu merah atau terjebak macet.

Mendiamkan gigi pada posisi satu atau dua dalam jangka waktu yang cukup lama ternyata dapat menjadi penyebab kopling mobil menjadi jebol. Hal ini karena terkait dengan komponen release bearing. Terutama jika menggunakan gigi satu atau dua saat berhenti dan membuat kaki terus menahan kopling.

Agar ini tidak terjadi, pastikan untuk memindahkan transmisi ke posisi netral ya.

3. Menahan kopling

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-manual-jebol

Menahan kaki di kopling kerap menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Padahal, cara ini dapat mempercepat keausan release bearing dan plat kopling.

Oleh karena itu, hinda untuk menahan kopling terlalu lama. Angkat langsung kaki, ketika sudah memindahkan tuas transmisi, lepas kopling secara perlahan agar bagian mobil ini tidak cepat aus dan jebol.

4. Langsung ngegas di gigi dua

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-manual-jebol

Kebiasaan terakhir yang kerap menjadi penyebab kopling mobil manual jebol adalah dengan langsung memasukkan gigi dua saat hendak jalan. Padahal cara ini tidak diperkenankan. Melompat langsung ke gigi dua akan membuat daya kopling terbebani dan pada akhirnya memicu kerusakan.

Baca juga: Cek Kondisinya, Ini 2 Hal yang Bikin Kopling Mobil Manual Harus Diganti

Baca juga: Jangan Abai Ini Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga