fbpx
4 Penyebab yang Bikin Kamu Harus Cek dan Ganti Shockbreaker
Article 01

Tak terlekkan lagi, shocbreaker atau shock absorber adalah bagian penting dari suspensi mobil. Fungsinya harus benar-benar dijaga dengan baik, agar membuat mobil terasa nyaman ketika digunakan, terutama ketika kondisi jalan tidak rata. Namun, pada momen tertentu, bagian komponen mobil ini pastinya mengalami kemunduran fungsi dan membuatnya harus diganti. Lalu, apa saja yang jadi penyebab ganti shockbreaker mobil harus dilakukan?

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diketahui, di mana, usia penggunaan shockbreaker maksimal adalah lima tahun. Namun, lagi-lagi karena kondisi jalan yang tidak selalu sama, maka besar kemungkinan usia shockbreaker hanya bisa mencapai 3 tahun saja.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab-penyebab yang bisa membuat shockbreaker mobil mengalami penurunan fungsi. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Pada Suspensi Mobil yang Berbahaya

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

1. Mulai mengeluarkan suara berisik

Hal pertama yang jadi penyebab ganti shocbreaker mobil adalah munculnya suara yang menganggu dan cenderung berisik dari bagian belakang mobil. Ini bisa menjadi gejala awal jika komponen mobil ini sudah tidak berfungsi baik.

Segera cek kondisi komponen ini di bengkel terdekat. Jika memang harus diganti, lakukan sesegera mungkin.

2. Keseimbangan mobil terganggu

Hal berikutnya yang menjadi permasalahan adalah keseimbangan mobil mulai terganggu. Jarak antara ban dengan spakbor akan terasa berbeda, plus jika posisi mobil berada di tempat yang rata, justru akan terlihat miring.

3. Oli shockbreaker bocor

Tak hanya mesin, oli pada shockbreaker pun sangat penting. Jika bocor, maka bisa menganggu kinerjanya. Jika sudah tidak terkendali lagi, sekarang saatnya untuk mengganti komponen ini menjadi lebih baru dan bisa berfungsi dengan baik lagi.

4. Kondisi ban mudah aus

Penyebab terakhir yang menandakan shockbreaker mobil harus diganti adalah kondisi ban yang sudah mulai aus. Celakanya, ini hanya terjadi pada satu ban saja, sementara itu, ban mobil lainnya justru tidak aus.

Hal ini harus diselidiki lebih dalam. Jika memang komponen mobil ini harus diganti, lakukan sesegera mungkin.

Jadi, jika kamu sudah menemukan penyebab ganti shockbreaker mobil berikut ini, langsung segera lakukan perawatan dengan baik.

Baca juga: Penyebab Shockbreaker Mobil Mengeluarkan Suara Menganggu

Baca juga: Ini Tanda Shock Absorber Mobil Rusak dan Tidak Berfungsi Baik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga