fbpx
4 Tips Perawatan Agar Oli Tidak Merembes dari Bawah Mobil
Article 01

Sebagian pemilik mobil pastinya pernah berhadapan dengan situasi dimana oli mobil rembes dari bawah. Tak jarang, beberapa diantaranya bahkan panik ketika bertemu dengan situasi ini.

Ada benarnya, mengingat munculnya genangan cairan oli di bawah kendaraan berarti ada masalah pada mobil. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat oli mobil adalah hal penting yang membuat mesin mobil bekerja dengan baik.

Jika dibiarkan, maka akan muncul berbagai macam risiko berbahaya. Beberapa diantaranya adalah bisa memicu kebakaran hingga membuat mesin cepat rusak. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi agar oli tidak merembes di bawah mobil.

Selain ke bengkel mobil terdekat, beberapa tips berikut juga bisa dilakukan.

Baca juga: Selain Servis Ganti Oli, Filter Oli Mesin Mobil Pun Wajib Dirawat

Baca juga: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Mesin, Bagi Pemilik Mobil Baru

1. Mengecek poros mesin

Hal pertama yang wajib diperiksa adalah bagian segel yang melekat pada poros mesin yang saling tersambung satu sama lain.

Nah, setiap sambungan tersebut punya segel yang berfungsi agar oli mesin tetap bekerja untuk mesin.

Semakin intens mengemudikan mobil, maka semakin besar pula bagian-bagian mesin yang bergerak sehingga porosnya berputar dan bergesekann. Bukan tidak mungkin, putaran-putaran ini akhirnya membuat minyak dari oli pelan-pelan mengalami kebocoran.

Jika ini terjadi, segera periksa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan.

2. Cek gasket

Memeriksa segel yang terkait dengan poros mesin memang memakan waktu, Namun, ada lagi yang lebih membuat pemilik mobil harus teliti untuk memastikan oli mobil rembes dari bawah.

Bagian itu adalah gasket, yang juga tak kalah terhubung dengan komponen-komponen lainnya. Jika memang ragu-ragu untuk melakukannya sendiri, bantuan dari teknisi atau montir di bengkel adalah plihan yang tepat.

3. Fungsikan Sealant oli

Bagian lain yang wajib diperiksa ketika munculnya kebocoran oli adalah dengan menggunakan Sealant. Bagian yang satu ini berbentuk cairan yang kemudian dicampurkan dengan oli mesin.

Fungsinya adalah meminimalisir munculnya kebocoran oli bocor dan jadi kondisioner untuk segel. Namun, sekali lagi, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak bengkel untuk memastikan penggunaan Sealat untuk menambal kebocoran oli mobil.

4. Memperbaiki baut

Longgar atau lepas. Baut terkadang menjadi sesuatu hal yang kerap terlupakan. Padahal fungsinya sangat besar, dan salah satunya adalah membendung agar oli mobil tidak bocor.

Namun, tidak bisa dihindari pula, jika baut-baut ini semakin longgar mengingat, frekuensi mobil yang intens ketika digunakan. Jadi, jangan lupa untuk mengecek bagian0bagian baut mobil secara detil untuk memastikan agar tidak terjadinya oli mobil merembes dari bawah.

Baca juga: 5 Daftar Oli Mobil yang Perlu Diperiksa Setelah Melakukan Perjalanan Jauh

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat Untuk Kendaraan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga