fbpx
5 Hal yang Menandakan Mobil Harus di Tune Up di Bengkel
Article 01

Tak jarang, banyak yang langsung mencari Bengkel Tune up mobil ketika mulai menemukan ada kendala pada kendaraanya. Benar, jika Tune Up merupakan salah satu perawatan mobil yang wajib untuk dilakukan.

Tujuannya tentu saja adalah untuk mengembalikan performa mobil yang sudah mulai menurun. Secara umum, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik mobil ketika sudah melakukan Tune Up.

Baca juga: Tips Cek Mobil Sebelum Tune Up di Bengkel Terdekat

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Tune Up Mobil Injeksi di Bengkel Terdekat

1. Jarak tempuh 5.000 km

5-hal-yang-menandakan-mobil-harus-di-tune-up-di-bengkel

Mungkin banyak pemilik baru yang masih bertanya-tanya, kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk melakukan Tune Up. Beberapa ahli mengatakan, Tune Up sebaiknya dilakukan dalam waktu yang sama dengan pergantian oli mesin.

Setiap mobil sudah menemuh jarak hingga 5.000 km, maka pada saat yang sama pun Tune Up harus dilakukan. Namun, hal yang terpenting untuk diketahui adalah bagaimana proses penggunaan mobil selama ini.

Jika digunakan di jalanan yang rumit atau bahkan dengan intensitas yang tinggi, maka pastinya akan berpengaruh pada komponen mobil lainnya. Jika itu terjadi, maka Tune Up mobil pada jarak tempuh setelah 5.000 km adalah hal yang wajar.

2. Mesin terdengar kasar

5-hal-yang-menandakan-mobil-harus-di-tune-up-di-bengkel

Pertanda berikutnya yang mewajibkan pemilik untuk mencari bengkel mobil Tune Up adalah ketika suara mesin tak lagi sama.

Suara mesin yang terdengar kasar memang dialndasi oleh beberapa penyebab. Namun, jika memang sudah berada dalam situasi yang rumit, maka datang langsung ke bengkel mobil terdekat adalah pilihan yang tepat.

3. Sulit dinyalakan

5-hal-yang-menandakan-mobil-harus-di-tune-up-di-bengkel

Hal yang sama juga terjadi ketika mobil mulai sulit dinyalakan. Penyebabnya pun jelas beragam. Namun, hal tersebut tentuya terkait dengan mesin mobil itu sendiri.

Jika ini terjadi pada mobil kamu, maka Tune Up adalah solusinya.

4. Getaran pada mobil

5-hal-yang-menandakan-mobil-harus-di-tune-up-di-bengkel

Tak ada angin dan tak ada hujan, tiba-tiba mobil bergetar. Hal yang selalu diingat tentu saja adalah pada bagian kaki-kaki. Pilihan solusi yag diambil pun pastinya Spooring dan Balancing.

Namun, Spooring dan Balancing bukan satu-satunya untuk mengembalikan kondisi mobil bebas dari getaran. Bisa juga hal ini terjadi karena kestabilan mobil terganggu dan berawal dari mesin. Jika ini terjadi Tune Up mobil di bengkel adalah pilihannya.

5. Gas mobil tak bertenaga

5-hal-yang-menandakan-mobil-harus-di-tune-up-di-bengkel

Sudah berusaha menginjak gas dengan tepat. Namun, bagian mobil ini seperti tersendat dan tak mengeluarkan tenaganya. Alhasil, peforma gas menjadi melambat, dan membuat tarikan mesin menjadi tak bertenaga.

Jika ini terjadi, solusi tepatnya adalah dengan melakuan Tune di bengkel mobil.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga