fbpx
5 Hal yang Menjadi Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

Seperti yang sudah kita pahami, wiper mobil adalah salah satu komponen vital untuk mobil. Pengecekan wiper memang penting dilakukan, agar masalah ini kemudian tidak membuat perjalanan dengan mobil menjadi tidak nyaman. Salah satu yang penting adalah ketika air wiper mobil tidak keluar.

Hal yang paling mendasar ketika ini terjadi pada mobil tentu saja adalah karena air wiper mobil habis. Air ini biasanya punya kandungan anti-jamur, dan akan dikeluarkan untuk kaca agar tetap bersih.

Namun, masalah air wiper mobil tidak keluar bukan karena volumenya yang sudah habis. Beberapa hal berikut ini pun bisa jadi penyebabnya.

Baca juga: 4 Tips Menyiapkan Karet Wiper Mobil Saat Musim Penghujan

1. Selang air lepas

Meskipun air wiper baru saja diisi, namun air tersebut tietap tidak bekerja dan berfungsi dengan baik. Lalu, apa yang menjadi pemasalahannya? Hal pertama yang bisa dicek adalah apakah selang yang terpasang longgar atau terlepas,

Apalagi, selang ini berfungsi untuk mengalirkan air dengan baik. Jika memang benar lepas atua longgar segera perbaiki, agar air dari wiper mobil dapat mengalir kembali.

2. Motor air rusak

Pada tabung reservoir untuk wiper, fungsinya paling jelas adalah memompa air. Namun, ketika motor air ini rusak, maka air pun tentunya tidak bisa dipompa dengan baik.

Indikasi kerusakan ini bisa kamu periksa dengan dengan mendengar suara dengungan dari motor. Jika tak mengeluarkan suara, maka segera perisak ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik, sehingga membuat fungsi motor kembali bekerja.

3. Gangguan kelistrikan

Selain AC dan audio, wiper mobil juga erat kaitannya dengan kelistrikan mobil. Oleh karena itu, jika air wiper mobil tidak keluar, bisa saja gangguan ini bermula dari kelistrikan mobil.

Oleh karena itu, cek segera seirkuit listrik yang terhubung dengan wiper, apakah sudah rusak atau ada bagian yang memang harus diganti sesegera mungkin.

4. Bertumpuknya kotoran di ujung washer

Faktor berikutnya yang harus dilihat adalah apakah kotoran menumpuk di bagian ujung washer. Jika hal hal ini terjadi, maka tentu saja air tidak akan bisa keluar dan membersihkan bagian kaca mobil.

Cara memeriksanya pun tergolong mudah. Kamu bisa menggunakan harum atau benda kecil dengan ujung yang runcing.

5. Karet wiper aus

Terakhir, faktor yang sangat mungkin membuat air pada wiper tidak keluar adalah bagian karetnya yang sudah aus karena termakan usia. Jika ini terjadi, lakukan pergantian sesegera mungkin untuk membuat karet wiper kembali bekerja dengan baik.

Satu hal yang pasti, perawatan karet wiper pada mobil memang sebaiknya dilakukan, di segala kondisi. Termasuk saat musim kemarau dan musim hujan.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng, Ini Cara Bersihkan Wiper Mobil Selama di Rumah

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga