fbpx
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Jumper Aki Mobil
Article 01

Tak sedikir rasanya para pemilik mobil yang pernah merasakan aki mobil tekor atau soak. Apalagi, ketika frekuensi penggunananya mini. Salah satu solusin yang kerap dipilih adalah dengan melakukan jumper aki mobil.

Teknik yang satu ini dianggap paling mudah dan fleksibel. Jumper aki mobil merupakan cara untuk mengalirkan listrik dari aki yang masih dalam kondisi bagus menuju aki mobil yang bermasalahan atau soak.

Setidaknya, dalam kondisi yang minim daya kelistrikan pun mobil masih dapat bergerak dan kemudian mendapatkan perawatan maksimal untuk ke bengkel.

Lalu, seperti apa cara melakukan jumper aki pada mobil ini? Jika kamu berada dalam situasi seperti ini dan memiih cara jangka pendek untuk menghidupkan mobi dengan jumper aki, berikut beberapa tahapannya.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Agar Berfungsi Baik

Baca juga: Terus Menyala, Apa yang Jadi Masalah Pada Indikator Aki Mobil

1. Gunakan kabel khusus

5-hal-yang-perlu-dipersiapkan-ketika-jumper-aki-mobil

Salah satu perangkat ini yang penting jika memang benar ingin melakukan jumper aki pada mobil. Untuk melakukannya, dibutuhkan kabel khusus, karena arus lisrrik uang akan dialirkan sangat tinggi.

Jangan gunakan kabel yang asal-asalan, yang bisa menyebabkan terjadinya korsleting.

2. Faktor kapasitas mesin

5-hal-yang-perlu-dipersiapkan-ketika-jumper-aki-mobil

Jika memang ingin melakukan jumper aki, yang artinya tdari mobil dengan aki yang masih kuat ke aki mobil yang lemah, pastikan untuk menggunakan kapasitas mesin yang sama.

Hal ini penting untuk dipertimbangkan mengingat, mobil dengan kapasitas mesin yang sama juga memiliki voltase aki yang sama.

3. Posisi mobil

5-hal-yang-perlu-dipersiapkan-ketika-jumper-aki-mobil

Hal berikut yang wajib diperhatikan adalah posisi mobil. Hal ini tentunya harus dilakukan sesuai dengan kondisi mobil. Tujuannya tentu saja adalah agar kabel jumper dengan maksimalkan mengalirkan energli listriknya dengan baik.

4. Menghubungkan kabel jumper

5-hal-yang-perlu-dipersiapkan-ketika-jumper-aki-mobil

Proses terpenting dari jumper aki, dimana posisi kutub terminal positif dan negatif dari kedua aki harus benar-benar terlihat jelas dan tepat saat pemasagannya.

Hal pertama yang wajib untuk dilihat apakah kutub terminal dari aki sudah bersih dan tidak kotor. Lalu, gunakan hubungan penjepit kabel warna merah, ke kutup positif aki yang normal.

Selanjutnya, sambungkan penjepit kabel jumper merah tadi pada kutub aki yang bermasalah. Lanjutan dengan memasangkan kabel jumper ngetarif ke kutub negatif aki mobil dan tempat sisi satunya di kutub negatif aki mobil yang bermasalah.

Nyalakan mobil untuk memastikan apakah aliran tersebut memang benar-benar mengalir dan diamkan selama kurang lebih lima menit untuk memanaskan aki mobil yang bermasalah tadi.

5. Lepaskan kabel perlahan

5-hal-yang-perlu-dipersiapkan-ketika-jumper-aki-mobil

Meskipun aliran listrik sudah mengalir, namun jangan lupa untuk melepaskan kabel jumper tadi.

Lakukan secara perlahan-lahan dan hati-hati. Hal ini untuk memastikan agar tidak menimbulkan bahaya, baik bagi kamu sendiri atau juga kedua mobil yang sudah digunakan untuk jumper aki tadi.\

Baca juga: Ini Tips dan Cara Memilih Aki yang Bagus dan Tepat Untuk Mobil

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga