fbpx
5 Kelemahan Mobil Matic Ini Tidak Boleh dianggap Sepele
Article 01

Sebegitu mudahnya menggunakan mobil matic, namun mobil dengan transmisi otomatis ini ternyata punya sisi-sisi lain. Salah satunya adalah kelemahan mobil matic yang mungkin dirasakan tidak pernah ada.

Hal yang paling sering terjadi adalah beberapa kelemahan-kelemahan yang terjadi ketika mobil matic harus melewati jalanan yang menanjak. Jika tak bekerja, hal tersebut bisa menjadi sebuah masalah yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Lalu, apa saja kelemahan-kelemahan mobil matic? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Bagian Komponen Mobil Transmisi Matic yang Wajib Servis

1. Level cairan pada transmisi

Satu hal yang pasti dan wajib dilakukan adalah untuk memerhatikan level cairan pada transmisi mobil. Permasalahan ini perlu menjadi perhatian serius, karena, cairan transmisi mobil matic kerap bocor.

Namun, jika ini terjadi, segera lakukan perawatan atau perbaikan ke bengkel mobil terdekat. Beberapa bengkel pun biasanya menawarkan solusi untuk mengganti filter dan cairan sesuai dengan yang direkomendasikan pabrik pembuat mobil.

2. Saluran transmisi aus

Permasalahan yang tentunya tak kasat mata. Namun, pada faktanya, saluran transmisi mobil matic memang bisa aus. Hal ini ditandai dengan kondisi roda gigi secara otomatis, muncul suara yang menganggu dari bagian bawah mobil hingga kehilangan tenaga. j

Jika ini terjadi, maka saluran transmisi mobil aus. Oleh karena itu, pastikan untuk segera memeriksakan mobil secara mendalam agar terlihat komponen mana yang seharusnya mendapatkan perbaikan.

3. Masalah kelistrikan

Permasalahan yang sering terjadi pada mobil matic. Beberapa paling umum diantaranya adalah bagian sensor kecepatan kendaraan sekring mobil yang bermasalah.

Jika ini terjadi, biasanya akan menganggu performa mobil matic yang memang sudah terintegrasi dengan sistem otomatis dan sangat erait kaitannya dengan listrik mobil.

Jika ini terjadi, segera carai tahu permasalahannya dan bawa ke bengkel mobil terdekat untuk mengenali permasalahannya secara detil. Apalagi, mobil matic biasanya punya sistem kelistrikan yang tidak sembarangan dan cukup rumit.

4. Solenoid shift transmisi

Masalah mobil transmisi matic yang memang menyerankam. Bayangkan, jika kamu sedang mengendarai mobil dan kemudian perpindahan gigi tidak berjalan, dan hal ini terjadi karena solenoid shift transmisi.

Jika kamu tidak bisa mengatasi masalah ini sendiri, pastikan datang ke bengkel mobil terbaik untuk mendapatkan penanganan maksimal, agar mobil dan pemiliknya tidak mengalami masalah yang besar.

5. Transmisi terlalu panas

Sebagian pemilik mobil terkadang masih abai dengan transmisi yang terlalu panas. Penyebabnya beragam, mulai dari gesekan komponen yang tak berjalan mulus, kotor atau tidak ada cairan.

Solusinya tentunya adalah dengan memerhatikan kembali volume penggunaan cairan transmisi. Jika belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan, pastikan untuk mendapatkan perawatan maksimal dari mekanik terbaik dan bengkel terpercaya. Jika sudah paham kelemahan mobil matic ini pastikan untuk selalu rutin mengecek kondisi mobil.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Baca juga: 6 Cara Efektif Supaya Mobil Matic Jadi Lebih Hemat BBM

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga