fbpx
5 Penyebab Gas Mobil Kosong Jadi Tersendat dan Sulit Akselerasi

Pernahkah kamu merasakan gas mobil kosong dan membuat mobil sulit dikendalikan hingga akhirnya tersendat dan sulit melakukan akselerasi? Hal seperti ini bukanlah perkara sederhana. Lalu, apa yang jadi penyebab gas mobil kosong?

Kendala yang terjadi karena gas mobil yang kosong justru bisa merugikan pemilik mobil. Namun, ketika ini terjadi pada mobil kamu, jangan panik. Cek dulu penyebabnya sebelum mendapatkan perawatan di bengkel-bengkel mobil terdekat.

Baca juga: Alasan Tarikan Gas Mobil Terasa Berat Ketika Sedang Dipacu

Baca juga: Faktor Penyebab RPM Mobil Tidak Stabil dan Sering Naik-Turun

1. Gangguan pada sensor oksigen


Penyebab pertama adalah gangguan pada sensor oksigen. Gas mobil kekurangan tenaga. Bahkan hal ini bisa terjadi ketika mesin saat dingin, dan justru gas tidak berfungsi.

Sensor oksigen sendiri sendiri berfungsi untuk mendeteksi gas buang dari mengirimkan sinyal ke ECU untuk menetapkan bahan bakar di ruang bakar. Jika ini terjadi, satu-satunya cara adalah dengan mengganti bagian sensor oksegen ini di bengkel mobil terpercaya.

2. Gangguan pada fuel pump

Fuel nozzle with hose isolated on white background

Berikutnya yang menjadi penyebab gas mobil kosong adalah Fuel pump yang tidak bekerja dengan baik. Apalagi, komponen yang satu ini berfungsi untuk menyedot bahan bakar dan mengirimkannya ke ruang bakar.

Alhasil, ketika pedal gas diinjak, mobil tidak bisa melakukan akselerasi, bahkan yang paling parah adalah mesin mobil tiba-tiba mati. Gangguan pada fuel pump disebabkan karena kotoran yang menyumbat di bahan bakar.

Solusi sederhana jika ini terjadi pada mobil adalah dengan rutin membersihkan tangki bahan bakar. Selain itu, penggunaan bahan bakar yang tepat untuk jenis mobil juga bisa menjadi solusi

3. Mesin terlalu panas

Selain mesin yang dingin, seperti saat sensor oksigen kosong, penyebab gas mobil kosong juga bisa terjadi karena mesin terlalu panas. Hal ini bisa terjadi karena radiatornya yang.

Kondisi yang panas ini terjadi karena pemuaian dan membuat beberapa bagian komponen mobil saling bergesekan. Gesekan yang terjadi terus-menerus ini membuat tenaga mobil pun menjadi mudah habis sehingga membuat gas mobil kosong.

Ketika ini terjadi dan radiator tidak berfungsi, maka akan menambah beban mobil menjadi berat dengan kekosongan gas.

4. Busi tidak terawat

Hal berikutnya yang menjadi penyebab gas mobil mengalami keksongan adalah kondisi busi mobil yang tidak terawat. Salah satu yang paling mengganjal adalah busi mobil yang sudah kotor karena kerak dan tidak dibersihkan.

Jika tidak dirawat dan bahkan sudah tidak berfungsi lagi, maka pergantian ke bengkel mobil adalah solusi yang tepat.

5. Kebiasaan perawatan mesin

Ada banyak cara perawatan mesin yang bisa dilakukan, mulai dari membersihkan mesin hingga Tune up. Namun, jika pemilik mobil jarang melakukan hal ini, maka jadi penyebab gas mobil kosong. Oleh karena itu, ubahlah kebiasaan kamu sebagai pemilik mobil.

Pastikan perawatan mesin dilakukan dengan baik agar gas pada mobil dapat beerfungsi dengan baik.

Baca juga: Kenali Penyebab Suara Mesin Kasar Pada Mobil yang Bikin Berisik

Carsworld adalah layanan booking servis bengkel mobil melalui aplikasi. Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga