fbpx
5 Tips Mengemudi di Malam Hari Bagi Untuk Perjalanan Panjang
Article 01

Tak hanya sekadar mitor, mengemudi di malam hari punya banyak risiko. Faktanya hal ini memang kerap terjadi pada sebagian pengemudi yang memang sedang melakukan perjalanan di malam hari. Mulai dari jarak pandang yang terbatas, kondisi fisik pengemudi, hingga hal-hal teknis yang menganggu selama perjalanan. Namun, tips mengemudi di malam hari berikut ini bisa menjadi panduan menjelang atau selama di perjalanan dengan mobil.

1. Kondisi tubuh dalam keadaan fit

Hal pertama yang harus disiapkan oleh pengemudi adalah menyiapkan kondisi tubuh yang fit. Hal ini berlaku bagi siapa saja yang ada di dalam mobil tersebut. Melalui tubuh yang fit, mengemudi di malam hari pun akan lebih terkosentrasi dan fokus.

Jika memang lelah, tak salah rasanya menepi sebentar untuk istirahat dan kemudian baru melanjutkan perjalanan.

2. Penggunaan Headlights

Tips mengemudi di malam hari berikutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan Headlights. Pada dasarnya, lampu ini terbagi menjadi dua, lampu sorot jauh (high beams) dan sorot rendah (low beams).

Namun, penggunaannya yang tepat pula lah menjadi dasar mengemudi di malam hari. Lampu sorot jauh digunakan ketika jalanan dinaungi cahaya yang minim, sementara Low Beams digunakan ketika ada melihat mobil lain sedang mendekat atau mengikuti mobil lain.

Tak hanya itu, penggunaan Headlihgt pun juga harus disesuaikan dengan kaca spion. Posisi ini untuk memastikan pengemudi tahu apakah ada kendaraan lain di belakangnya atau tidak.

3. Lampu indikator untuk penglihatan yang tajam

Rata-rata mobil sudah memiliki fitur dimmer switch yang berfungsi untuk meredupkan lampu dasbor dan lampu indikator. Meskipun redup, namun ada keuntungan yang akan didapat jika ini terjadi, terutama ketika mengemudi di malam hari.

Salah satunya adalah menghilangkan cahaya di kaca depan agar mata lebih tajam melihat kondisi jalanan di depan.

4. Kecepatan dan jarak

Tulisan "Jaga Jarak" bukanlah hanya sekadar semboyan belaka. Namun, hal ini wajib kamu praktikkan juga dalam mengemudi. Menjaga jarak dan kecepatan akan meningkatkan keselamatan mengemudi di malam hari.

Memang, ada High dan Low Beams yang akan membantu. Namun, tetap saja jarak pandang ke depan dan sekitar tidak akan detil seperti saat siang hari.

Baca juga: Seperti Ini Cara Mengemudi Untuk Pemula Ketika Mengandalikan Mobil

Baca juga: Tips Berkendara dan Mengendalikan Mobil yang Aman di Musim Hujan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga