fbpx
5 Tips Untuk Mengetahui Mobil Bekas yang Terkena Banjir
Article 01

Beli mobil bekas memang butuh perhitungan yang matang. Salah satunya kematangan untuk mendeteksi mobil bekas yang terkena banjir. Setidaknya, mobil ini mungkin saja pernah terendam oleh banjir yang membuat komponen-komponennya mengalami kerusakan.

Meskipun pemilik mobil sebelumnya sudah memperbaiki atau servis, namun, sebagai calon pembeli kamu harus wajib mengetahui dan memeriksa apa yang sebenarnya terjadi pada mobil bekas tersebut.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah mobil bekas pernah terkena banjir? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Baru Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membersihkan Interiornya

Baca juga: Tips dan Pilihan Servis yang Wajib dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

1. Periksa interior mobil

Namanya juga terendam banjir, maka bisa dipastikan bagian interior akan kena imbasnya. Jadi, untuk mengatahui apakah mobil bekas tersebut pernah kena banjir, maka kamu wajib memeriksa interiornya.

Mulai dari keseluruhan kabin mobil, untuk memastikan apakah masih ada endapan-endapan atau kotoran yang mungkin saja masuk ke dalam mobil. Cek juga akah mobil tersebut menyisakan karat pada bagian interiornya.

2. Cek kaki kaki mobil

Faktor berikutnya yang wajib diperiksa adalah bagian kaki kaki mobil. Hal ini bisa menjadi awal sumber kerusakan jika tak diperiksa secara seksama. Apakah kaki kaki mobil masih berfungsi dengan baik juga harus diulas secara detil dan mendalam.

Dari sekian banyak komponen kaki kaki mobil, kamu harus memeriksa bagian tersebut dan pastikan semua komponennnya bekerja dengan baik, tidak tersendat hingga berkarat karena pernah terkena banjir.

3. Cek detil bagian mobil

Detil lain dari mobil juga harus diperiksa. Mulai dari komponen seperti AC, sudut panel rel jok mobil, hingga sela pada kisi kiri radiator juga harus diperiksa.

Perhatikan apakah terdapa sisa-sisa sampah atau kotoran yang tersangkut di bagian mobil tersebut. Cek pula bagian-bagian komponennya secara detil dan orisinil untuk memastikan komponen mobil tersebut berjalan dan bekerja dengan baik.

4. Kelistrikan dan komponen elektronik

Kelisitikan mobil pun wajib mendapatkan perhatian. Cek apakah kabel-kabelnya berada dalam kondisi yang baik. Selain itu, lakukan juga pengetesan pada bagian atau komponen yang memang membutuhkan kelistrikan mobil untuk bekerja.

5. Test Drive

Terakhir, tentu saja melakukan test drive. Cara ini untuk mengetes dan memeriksa mobil secara keseluruhan. Cara ini akan membantu kamu merasakan apakah bagian dari komponen mobil yang tadi sudah dicek memang benar-benar bekerja atau tidak.

Baca juga: 5 Pertanda Jika Rem Mobil Bekas Mengalami Kerusakan

Baca juga: Tips dan Trik Mengendalikan Mobil Saat Cuaca Hujan dan Banjir

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga