fbpx
6 Komponen Mobil Ini Wajib Diganti Secara Berkala di Bengkel
Article 01

Servis berkala memang wajib dilakukan untuk merawat berbagai macam komponen mobil yang saling terhubung. Namun, pada masanya, komponen-komponen mobil wajib diganti. Jika tidak rusak, biasanya komponen ini sudah tergerus usianya.

Hal yang paling umum memang pergantian oli pada mobil. Mulai dari oli mesin, oli garda, bahkan hingga oli transmisi. Namun, pada faktannya, pergantian adalah hal yang rutin dan wajib kamu lakukan

Nah, buat kamu yang punya mobil dengan usia yang sudah relatif 2 atau tiga tahu, beberapa komponen ini wajib diperhatikan atau bahkan siap-siap untuk diganti.

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Baca juga: Komponen Servis Berkala Mobil yang Kerap Terlupakan

1. Busi

6-komponen-mobil-ini-wajib-diganti-secara-berkala-di-bengkel

Komponen mobil yang satu ini punya fungsi yang sangat besar untuk mobil. Gunanya adalah untuk memantikkan api agar pembakaran dapat berjalan dengan baik pada mesin.

Rata-rata, jika usia busi sudah melewati waktunya, maka akan bermasalah. Selain itu, pergantian komponen yang satu ini rata-rata dianjurkan ketika mobil sudah menempuh jarak diantara 20.000 km dan 50.000 km.

2. Aki

6-komponen-mobil-ini-wajib-diganti-secara-berkala-di-bengkel

Usia pakai komponen yang satu rata-rata hadir dalam rentang waktu dua hingga tiga tahun. Apalagi, fungsinya pun tergolong penting karena dengan aliran listrik, fungsi komponen mobil lainnya pun dapat bekerja.

Jika aki mobil sudah berusia lebih dari tiga tahun, maka sebaiknya segera lakukn perawatan atau bahkan diganti. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan teknisi dan mekanik yang adai bengkel untuk mengetahui kondisi dan jenis aki mobil yang kamu gunakan.

3. Lampu mobil

6-komponen-mobil-ini-wajib-diganti-secara-berkala-di-bengkel

Sama seperti lampu rumah, lampu mobil pun punya usia pakainya sendiri. Selain kaerusakan, pergantian lampu mobil ini rata-rata berada dalam rentang waktu 1.5 hingga dua tahun.

Jadi, jika lampu mobil kamu sudah berusia dalam rentang waktu tersebut, siap-siap untuk melakukan pergantian ke lampu mobil yang baru.

4. Kaki-kaki mobil

6-komponen-mobil-ini-wajib-diganti-secara-berkala-di-bengkel

Bagian kaki-kaki mobil pun wajib mendapatkan pemeriksaan secara berkala. Namun, di sisi lain, kaki-kaki mobil pun punya punya usianya sendiri-sendiri.

Mulai dari suspensi, tie rod, dan bushing punya waktu usianya masing-masing. Apalagi, jika mobil terus digunakan secara terus menerus dan harus melewati berbagai macam tipe jalanan, maka kaki-kaki mobil pun rentan mengalami penurunan fungsinya.

5. Filter pada mobil

Berbagai macam filter tersedia di mobil. Jumlahnya pun terbilang banyak. Mulai dari filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter AC. Secara umum, beberapa filter ini harus mendapatkan perawatan berkala saat mobil sudah menempuh jarak 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan 50.000 km.

Namun, di sisi lain, filter yang ada di mobil ini pun punya rentang waktu usianya sendiri. Jadi, jika waktunya sudah tiba, maka jangan lupa untuk memeriksakan filter dan konsultasikan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

6. Ban

6-komponen-mobil-ini-wajib-diganti-secara-berkala-di-bengkel

Tentu saja, bagian mobil yang satu ini memang butuh pergantian. Bahkan pada beberapa waktu tertentu, pemilik mobil pun terpaksa melakukan pergantian dengan menggunakan ban cadangan.

Berbagai kondisi jalanan, benad-benda tajam atau tumpul yang menempel di telapak ban hingga tekanan udara yang bisa saja berkurang sewaktu-waktu adalah beberapa syarat, jika ban sebagai komponen mobil wajib diganti.

Baca juga: Hindari Aksesoris Berlebihan untuk 3 Bagian Komponen Mobil Ini

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga