fbpx
6 Penyebab Bagian Kipas Radiator Mobil Tiba-tiba Mati
Article 01

Perawatan radiator memang perlu rutin dan wajib dilakukan. Tidak hanya tentang air radiator atau menguras radiator itu sendiri. Namun, bagian-bagian lain, seperti kipas radiator. Apalagi, pemilik mobil kerap berhadapan dengan situasi kipas pada radiator mobil mati. Namun, sebelum melakukan perbaikan, kenali dulu beberapa penyebab kipas radiator mobil mati.

Hal ini penting untuk diketahui, karena jika kipas radiator mobil terganggu, maka air tidak berfungsi lagi sebagai pendingin, namun berganti menjadi panas yang pada akhirnya menjadi pemicu overheating pada mesin. Oleh karena itu, kenali beberapa penyebab kipas radiator mobil elektrik atau konvensional mati berikut ini.

Baca juga: 5 Penyebab Air Radiator Mobil Tidak Bekerja dan Terasa Bocor

Baca juga: Air Radiator Mobil Jadi Mendidih? Kenali 5 Penyebabnya

1. Putusnya fan belt

6-penyebab-bagian-kipas-radiator-mobil-tiba-tiba-mati

Fan belt biasanya adalah bagian dari kipas radiator konvensional. Fungsinya menjadi penggerak dari mesin menuju kipas. Jika bagian ini sudah putus, maka kipas pastinya tidak akan bisa bergerak.

Apalagi, jika ini terjadi pada mobil yang kipasnya terhubung dengan alternator atau power steering, maka hal ini bisa lebih menganggu kenyamanan emngemudi.

Fan belt yang putus pun biasanya terkadi kare karet blet yang sudah termakan usia. Jika ini terjadi, segera lakukan pergantian dan perbaikan komponen radiator di bengkel mobil terdekat.

2. Putusnya kabel konektor

6-penyebab-bagian-kipas-radiator-mobil-tiba-tiba-mati

Penyebab kipas radiator mobil mati berikutnya adalah ketika kabel konektor menuju kipas putus. Lagi-lagi, karena sudah termakan usia, yang akhirnya membuat arus listrik tidak bekerja dengan sempurna.

Selain itu, kabel konektor yang rusak juga bisa disebabkan oleh posisi kabel yang terjepit atau soket yang sudah rusak. Oleh karena itu, pastikan pemilik mobil selalu mengecek kondisi setiap kabel yang ada di mobilnya, termasuk kabel-kabel pada radiator.

3. Faktor sekring kipas

6-penyebab-bagian-kipas-radiator-mobil-tiba-tiba-mati

Mungkin terlihat sama dengan sekring untuk di rumah. Sekring pada radiator mobil punya tujuan untuk mencegah arus listrik masuk secara berlebihan.

Nah, kebayangkan jika akhirnya sekring kipas putus. Pasalnya, jika beban listrik masuk secara berlebihan, maka sekring akan putus. Pastikan untuk mengecek bagian ini pada ahlinya agar fungsi kipas radiator memang benar-benar bekerja dengan baik.

4. Kerusakan motor kipas

6-penyebab-bagian-kipas-radiator-mobil-tiba-tiba-mati

Bagian motor kipas pun ikut jadi penyumbang kerusakan pada kipas radiator. Jika ini terjadi, kipas biasanya tidak akan berputar dan tidak bisa bekerja mendorong tenaga untuk mesin.

Alhasil, mesin akan dengan mudah panas atau bahkan mengalami iverheating.

5. FCU Radiator rusak

6-penyebab-bagian-kipas-radiator-mobil-tiba-tiba-mati

Penyebab kipas radiator mobil mati lainnya adalah FCU atau Fan Controller unit yang mengalami kerusakan. Ketika ini terjadi, otomatis kipas radiator mati dan tidak bergerak.

6. Kegagalan fungsi sensor

6-penyebab-bagian-kipas-radiator-mobil-tiba-tiba-mati

Sensor temperatur pada mobil punya fungsi mengirimkan 'kabar' ke bagian Electric Control Unit untuk menyalakan atau mematikan kipas pendingin sesuai suhu air di dalam radiator.

Nah, yang jadi permasalahan adalah ketika sensor ini mengalami gagal fungsi, maka kipas radiator tidak bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Sering Terlewatkan, Kenali 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor

Carsworld menyediakan booking servis mobil melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga