fbpx
7 Teknik Berkendara yang Dapat Menghemat Bahan Bakar
Article 01

Pastinya, semua pemilik mobil akan mencari cara untuk bisa dan selalu menghemat konsumsi bahan bakar untuk mobilnya. Salah satunya adalah lewat teknik menghemat bahan bakar melalui gaya mengemudi. Seperti apa caranya? Berikut delapan hal yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: 6 Cara Efektif Supaya Mobil Matic Jadi Lebih Hemat BBM

Baca juga: 5 Tips Agar Mesin Mobil Tetap Prima dan Irit Bensin

1. Frekuensi memanaskan mesin

Kebiasaan paling umum dan sering terjadi saat akan memulai aktivitas dengan menggunakan mobil adalah dengan memanaskan mesin. Meskipun hal yang sederhana, namun cara ini ternyata bisa memengaruhi konsumsi penggunaan bahan bakar mobil.

Nah, frekeunsi Waktu memanaskan mesin juga perlu diperhatikan. Memanaskan mobil cukup dengan waktu rentang 3 hingga 5 menit saja. Jika berlebihan, maka akan menggerus konsumsi bahan bakar mobil.

2. Beban mobil

Hal berikutnya adalah dengan membatasi membawa beban yang begitu berat untuk mobil. Menempatkan beban barang lebih dari 100 Kg bisa membuat bahan bakar tergerus sebanyak 3%.

3. Faktor kecepatan

Agar teknik menghemat bahan bakar berjalan dengan baik, pastikan memperhatikan faktor kecepatan mengemudi. Kendalikan mobil dengan jarak yang cukup dan kecepatan yang konstan, sesuai dengan keadaan lalu lintas. Cara ini membantu agar bahan bakar mobil tidak terkonsumsi secara besar.

4. Faktor akselerasi

Masih banyak pengemudi mobil yang masih ugal-ugalan saat berakselerasi. Sekarang, pastikan, untuk berakseelsai dengan kecepatan 20 Km/jam selama kira-kira 5 detik, agar konsumsi bahan bakar berkurang sebanyak 11%.

5. Suhu AC

Tak tahan dengan udara yang panas, pemilik mobil biasanya . Ketika pengemudi menggunakan AC dengan suhu 25 derajat celcius, maka penggunaan bahan bakar meningkat sekitar 12%.

6. Mesin idle

Kondisi mesin idle selama 10 menit, berposisi netral serta AC tidak menyala, ternyata bisa mengurangi volume bahan bakar sebanyak 130cc. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyalakan mesin dalam keadaan idle dan dalam rentang waktu yang lama. Oleh karena itu, hindari menyalakan mesin dalam keadaan idle terlalu lama.

7. Faktor engine brake

Hal lain yang akan membantu kamu mengurangi bahan bakar beerlebihan adalah faktor engine break. Jika ini dilakukan maka mesin akan berhenti mengalirkan bahan bakar.

Baca juga: Mulai Kejebak Macet? Ini 4 Cara Hemat BBM Mobil di Masa PSBB Transisi

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga