fbpx
Baru Punya Mobil Matic? Seperti Ini Perawatan Sederhananya
Article 01

Baru beli mobil matic? Hal ini tentunya sangat menyenangkan. Meskipun mendapatkan panduan perawatan dari pabrikan langsung, namun perawatan mobil matic baru juga bisa kamu mulai dari sendiri.

Lalu, bagaimana cara perawatan mobil matic yang baru saja kamu miliki. Beberapa langkah berikut ini akan memastikan kondisi mobil akan tetap prima, hingga nantinya mendapatkan jadwal servis berkala yang wajib kamu lakukan.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Baca juga: Sebelum Dikemudikan, Ini Cara Tepat Mengenali Transmisi Mobil Matik

1. Valve dan oli transmisi

Perawatan pertama yang wajib kamu periksa adalah kondisi valve dan oli transmisi. Hal ini dilakukan, karena gasket pada mobil matic kerap bocor dan rusak.

Jika dibiarkan tanpa dicek tentunya bisa meneybabkan kerusakan, seperti kerasnya sentakan gas saat memindahkan tuas. Rawat sedini mungkin, dan jika mengalami kerusakan, bawa ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan perbaikan.

2. Penggunaan persneling

Senangnya punya mobil matic baru memang akan membawa adrenalin tersendiri. Namun, jangan sampai hal ini berimbas pada cara penggunaan mobil tersebut. Salah satunya adalah penggunaan persneling.

Misalnya, hindari penggunaan P ketika mobil belum berhenti secara menyeluruh. Selain itu hindari untuk memasukkan persneling D ketika akan parkir, dan justru pilih P untuk memarkirkan kendaraan.

3. Servis berkala oli

Perawatan mobil matic baru lainnya adalah dengan wajib untuk melakukan servis berkala atau ganti oli sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hal ini biasanya sudah disarankan melalui buku panduan.

Namun, hal yang perlu diingat adalah bagaimana jenis mobil yang kamu miliki hingga jarak tempuh yang sudah dilalui. Jika sering di bawa perjalanan jauh atau ke luar kota, maka bisa saja ganti oli mobil matic bisa lebih cepat dari apa yang sudah ditentukan di buku panduan.

Oleh karena itu, selalu cek kondisi oli mobil ya.

4. Panaskan mesin mobil

Tak bosa rasanya untuk selalu mengingatkan agar memanaskan mesin mobil setiap hari atau sebelum beraktivitas. Cara ini akan membantu mesin tetap stabil dalam kondisi prima.

Tak hanya itu, pastikan transmisi pada posisi N saat akan memanaskan mobil, agar konsumsi bbm dan air radiator tidak tergerus.

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Transmisi Matic dan Transmisi Manual

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga