fbpx
Cara Cek Penyebab Aki Mobil Panas dan Bau
Article 01

Aki bisa dibilang merupakan sistem pengisian listrik yang membuat mobil dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada kalanya, aki bekerja tidak baik. Mulai dari panas hingga tercium bau yang tidak menyengat. Lalu, apa sebenarnya penyebab aki mobil panas dan bau?

Baca juga: Ini Cara Mudah Melepas dan Memasang Aki Mobil Sendiri di Rumah

Baca juga: 4 Faktor yang Bikin Aki Mobil Cepat Tekor

1. Sistem pengisian listrik

Hal pertama dan yang paling penting adalah mengecek sistem pengisian listrik. Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara menyeluruh pada aki mobil. Pemeriksaan ini bisa dimulai dari alternator yang berpengaruh pada aki mobil.

Jika sudah begini, segera periksakan aki ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan perawatan yang maksimal.

2. Menguras air aki

Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan aki menjadi panas dan kemudian bau adalah air. Apalagi, jika benda cair ini tidak pernah diganti. Oleh karena itu, kuras aki mobil dengan tepat.

Kuras air aki dengan dan sikat serta bersihkan dengan kotoran dan kerak yang menempel. Pastikan juga agar dilakukan dengan detil dan baik. Jika tak mampu melakukannya sendiri, lakukan dengan mekanik atau montir berpengalaman ini.

3. Mengganti aki mobil

Penyebab aki mobil panas dan bau berikutnya sudah menandakan jika komponen mobil ini sudah mengalami kerusakan. Artinya, aki mobil sudah saat diganti. Temukan bengkel spesialias aki mobil untuk melakukan pergantian. Pastikan juga aki mobil tersebut sesuai dengan mobil yang kamu miliki. Mulai dari kapasitas tegangannya hingga jenis aki yang akan dipilih.

Baca juga: 3 Hal yang Jadi Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi dengan Baik

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Kondisi Aki Mobil Berfungsi Tahan Lama

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel untuk servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga