fbpx
Cara Mengurangi Risiko Kecelakaan Pada Mobil Saat Musim Penghujan
Article 01

Musim penghujan adalah sesuatu yang tentunya tak bisa dihindari di Indonesia. Pemilik mobil biasanya akan kesal jika sehabis mencuci mobil dan kemudian hujan. Namun, bukan itu, satu-satunya masalah yang dikeluhkan. Salah satu catatan penting yang harus dicermati adalah bagaimana cara mengurangi risiko kecelakaan terjadi saat di musim penghujan.

Jalanan basah akan membuat kondisinya licin. Tak hanya itu, hujan turun, terutama ketika deras dan angin kecang akan membuat jarak pandang menjadi berkurang.

Selain mengecek kondisi, komponen hingga ban mobil apakah bekerja dengan baik, beberapa faktor berikut ini juga wajib untuk dipertimbangkan.

Baca juga: Ini Caranya Agar Mobil Tidak Tergelincir Saat Melewati Hujan

Baca juga: 5 Komponen Penting Mobil Ini Wajib dicek Menjelang Musim Hujan

1. Perhitungan pengereman

Faktor pertama yang wajib untuk dihitung sebagai cara mengurangi risiko kecelakaan berkendaraa saat musim hujan adalah pengereman. Jarak aman untuk melakukan pengereman di musim hujan adalah dalam waktu empat hingga lima detik.

Hal ini disebabkan oleh karena jarak pandang yang pasti terganggu sehingga membuat pengendaraharus siap mengerem secara di jalanan yang licin.

Selain itu, faktor cengkraman ban yang mungkin tak stabil saat jalanan basah juga akan menjadi penentu, kenapa perhitungan pengereman harus dilakukan saat berkendara.

Oleh karena itu, hindari pengereman keras (hard braking) agar mobil tidak tergelincir dan hilang kontrol.

2. 10 Menit setelah hujan turun

Selain memperhatkan waktu pengereman, hal berikutnya yang wajib disimak dan dijaga secara detil adalah ketika 10 menit pertama saat hujan turun.

Apa pun kondisinya, 10 menit pertama pada saat hujan turun menjadi penentu bagaimana kamu memperhitungkan laju kendaraan. Hal ini terjadi karena tak hanya disebabkan oleh air hujan yang membasahi jalanan.

Namun, kotoran, partikel-partikel kecil, hingga minyak yang tumpah bisa bercampur di jalanan. Jadi, pastikan, betul untuk memahami ini di saat musim penghujan dan wajib untuk mengontrol kendaraan sebaik mungkin.

3. Akselerasi dan genangan air

Cermati juga akselerasi kendaraan. Ketika sudah paham bagaimana merasakan jalanan yang sudah ditetesi air hujan, pastikan untuk tidak berakselerasi secara asal agar roda pada mobil tidak selip.

Tentu, saja perhatikan pula genangan air. Jangan pernah menerabasnya begitu saja, karena bisa menimbulkan Hydroplaning pada ban mobil.

Baca juga: Ini Caranya Agar Mobil Tidak Tergelincir Saat Melewati Hujan

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini Agar ban Mobil Tidak Mengalami Aquaplaning

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga