fbpx
Cara Termudah Memeriksa Kondisi Mesin Mobil Bekas
Article 01

Seberapa bagus pun kondisi mobil bekas yang rencananya akan dibeli, calon pembeli, pastinya harus memeriksa kondisi mesin mobil bekas secara detil.

Lalu, bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa pada bagian mesin mobil bekas? Berikur beberapa diantaranya.

Baca juga: 4 Bagian Kaki kaki Mobil Bekas yang Wajib Diperiksa Sebelum Membeli

Baca juga: Selain Aki, Cek Komponen Kelistrikan Lainnya Sebelum Beli Mobil Bekas

1. Kap mesin

Fungsi bagian yang satu ini tak hanya sekadar sebagai penutup ruang mesin mobil. Hal penting yang harus dilakukan adalah memeriksa seluruh bagian kap mesin.

Melihat dengan detil, apakah bagian kap di luar dan dalam pernah tergores, rusak, berkarat hingga ada bagian yang penyok. Paling penting, adalah pada bagian kap mesin ini kamu juga bisa melihat label nomor rangka yang masih jelas atau tidak.

Hal ini penting, karena bertujuan untuk memastikan proses "balik nama" atau mengujurs pajak kendaraan ketika mobil ini sudah terbeli.

2. Cek bagian detil

Tak hanya bagian utama mesin, namun bagian-bagian lain yang bisa seperti bagian kabel, sabuk yang menghubungkan antara komponen mesin dengan komponen-komponen lainnya.

Pastikan apakah tidak ada kabel yang rusak dan berkarat hingga putus. Tanyakan pada pemilik mobil sebelumnya jika menemukan kabel-kabel yang sudah rusak untuk memastikan kondisi mesin mobil dengan kondisi yang baik.

3. Periksa bagian blok

Hal lain yang membuat kamu harus memeriksa kondisi mesin mobil bekas adalah bagian blok. Apakah terlihat bagian karatan atau bahkan korosi .

Cek pula apakah bagian-bagian lain yang bocor. Jika ini terjadi tanyakan dan pastikan untuk melihat catatan-catatan serta riwayat servis mobil. Jika tak maksimal, pastikan untuk pemilik mobil sebelumnya memperbaikinya terlebih dahulu, atau mungkin bisa mempertimbangkan mobil pilihan.

4. Bagian oli

Satu lagi yang harus diperiksa adalah bagian oli. Bukan hanya tentang riwayat ganti oli, bagian-bagian detil lainnya pun wajib diperiksa. Mulai dari tutup oli.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi kebocoran pada gasket kepala silinder.

Tak hanya oli mesin, namun bagian oli transmisi pun harus diperiksa. Caranya mudah, kamu bisa mencium bau oli, apakah seperti bau hangus atau tidak. Tak hanya itu warna oli transmisi pun harus diperiksa, untuk memastikan bagian ini benar-benar tidak bermasalah pada masa lalu.

5. Timing belt

Pada bagian mesin, terdapat Timing Belt atau sabuk yang terdapat di bagian mesin. Jika sudah tipis, pastikan untuk menanyakan ini kepada pemilik mobil aslinya. Karena jika sudah tipis, maka sabuk ini mudah putus atau berkarat dan akan membuat fungsi mesinnya tidak berjalan dengan baik.

Baca juga: Kenali 5 Penyebab dan Masalah BBM Mobil Bekas Boros

Baca juga: Ingin Jual Mobil Bekas? Jangan Lupa Ganti Komponen Ini

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga