fbpx
Cek Fungsi dan Tips Masing-masing Bohlam Lampu Mobil

Tak hanya berfungsi sebagai sumber penerangan, namun setiap lampu mobil juga berperan sebagai komunikasi dengan lingkungan sekitarnya, termasuk mobil yang lain. Oleh karena itu, sumber dari cahaya yang juga bohlam lampu mobil pun sangat besar.

Mulai dari bohlam untuk lampu utama, lampu sein, lampu hazard hingga lampu rem pun punya keistimewaan masing-masing. Namun, hal yang paling dikhawatirkan adalah

Namun tidak sedikit pengendara salah mengartikan peran lampu di jalan seperti memodifikasi bohlam lampu mobil. Padahal dengan memodifikasi bohlam lampu mobil yang tidak tepat. Hal ini justru bisa menganggu banyak hal, mulai dari pejalanan kaki, pesepeda motor hingga pemilik mobil sekalipun.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, berikut beberapa hal yang penting untuk diingat agar memodifikasi lampu mobil tidak bisa dilakukan sembarangan.

1. Lampu utama


Sudah ditentukan oleh pihak otoritas di Indonesia, jika lampu utama dekat dan jauh berwarna putih atau kuning muda. Faktanya, beberapa pemilik mobil masih sering memodifikasi lampu untuk bagian ini dan kemudian mengganti warnanya.

Akan tetapi, beberapa pemilik mobil pun kerap melakukan pergantian bohlam lampu mobil dengan warna biru. Bagi pemilik mobil pun pastinya ini akan membantu, namun bagi orang-orang yang berada di sekitarnya, hal ini bisa saja sangat menganggu.

Nah, jika ingin memodifikasi, pastikan untuk menggunakan lampu yang memang sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang sudah diatur. Tujuannya adalah agar, lampu mobil bisa tetap aman bagi kondisi di sekitarnya.

2. Penggunaan lampu jauh


Hal yang sama juga terjadi pada lampu jauh mobil. Fungsinya yang sebagai tanda untuk sesama pengemudi dan meminta jalan untuk mendahului, memperjleas penglihata ketika di tempat gelap dan berguna untuk kondisi cuaca yang tidak baik pun tidak bisa asal sembarangan ketika diganti.

Bahkan, sebagai saran, lampu ini jangan sampai dimodifikasi karena warnanya yang berbeda bisa memberikan perspektif yang berbeda pula.

3. Lampu kabut

Lampu kabut atau Fog lamp yang sudah jadi bagian utama dari sebuah mobil pun begitu. Tentu saja, lampu ini berfungsi sebagai penerangan tambahan ketika cuaca buruk atau bahkan hujan deras.

Jika dimodifikasi lagi, apalagi dengan pergantian warna, maka akan membuat fungsinya pun menjadi tidak jelas. Alih-alih menggunakan lampu kabut sesuai dengan fungsinya , pemilik mobil pun kerap menggunakan lampu utama untuk situasi cuaca yang buruk atau hujan lebat.

4. Lampu rem mobil


Mengikuti tren masa kini, beberapa pemilik mobil terinspirasi menggunakan lampu rem mobil seperti hanya lampu balap. Stop-lamp, dengan bentuk segitiga kecil kerap dipasang di bagian bumper belakang mobil.

Terlalu banyak modifikasi dan lampu rem justru bisa berakibat fatal. Memang, ini baik bagi pemilik mobil itu sendiri, namun beltum tentu bagi lingkungan sekitar. Entah itu pemilik mobil lainnya, pengendara sepeda motor bahkan pejalan kaki sekalipun.

Faktor pengereman tentu saja bukan hanya bergantung pada lampu mobil itu sendiri, namun bagaimana pemilik kemudian memaksimalkan fungsi rem mobil tersebut dalam berkendara. Jadi, jangan sembarangan menggunakan bohlam lampu mobil untuk bagian rem ya

Baca juga: Penyebab Gangguan Pada Lampu Mobil yang Bisa Berakhir Rusak

Baca juga: 4 Tahapan Membersihkan Lampu Mobil Buram Jadi Kinclong

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga