fbpx
Fitur Penting Mobil Saat Melewati Jalan Penuh Tikungan

Dari masa ke masa, beberapa pabrikan mobil mulai mengembangkan fitur-fitur baru untuk mobilnya. Fitur ini kemudian saling dikombinasikan dengan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan. Salah satunya adalah fitur mobil untuk tikungan.

Beberapa dari kamu tentunya pasti sudah mengenal istilah-isitlah seperti Electronic Stability Control dan Traction Control. Dua fitur paling umum yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang berfungsi meningkatkan keselamatan berkendara serta menjaga mobil tetap stabil saat melewati banyak tikungan. Lalu, seperti apa keistimewaan dari fitur-fitur ini?

Baca juga: Suara Rem Mobil Berdecit, Cek Penyebabnya Berikut Ini

Baca juga: Tips Merawat Rem Mobil Demi Menjaga Keamanan Berkendara

Electronic Stability Control

Teknologi Electronic Stability Control pada mobil berfungsi agar pengemudi mampu mengendalikan mobil dengan stabil ketika melewati jalanan dengan medan yang sulit seperti tikungan yang tajam.

Hebatnya, lagi sistem mobil ini juga memberikan pengingat untuk mendeteksi ketika mobil kehilangan kontrol.

Cara kerjanya sederhana. Electronic Stability Control menggunakan salah satu rem di setiap bagian roda. Sehingga, mobil punya kendali yang presisi ketika harus berhadapan dengan berbagai kondisi jalanan.

Traction Control

Teknologi lainnya yang kerap menjadi unggulan di mobil-mobil masa kini adalah dengan kehadiran Traction Control. Teknologi ini membantu pengemudi saat berakselerasi dengan mobilnya di jalanan yang licin.

Berbekal sebuah sensor, Traction Control mampu mendeteksi kecepatan berputarnya sebuah roda. Secara otomatis, sensor akan membuat torsi bekerja dengan cara membuat rodak mobil tidak selip saat berakselerasi di jalanan lincin.

Brake Assist, EBD dan ABS

Selain dua teknologi tadi, kamu juga pastinya sering mendengar istilah BrakeAssist, Anti-lock Brake System, Electronic Brake force Distribution. Sistem pengereman ini biasanya akan didapat pada jenis-jenis mobil yang berbeda dari pabrikan.

Sistem ini pun juga bisa menjadi fitur mobil untuk tikungan. Lalu, apa saja perbedaannya?


Brake Assist

Brake Assist atau disingkat dengan BA bertujuan untuk menambah tekanan pengereman secara otomatis. Caranya adalah dengan mengukur kecepatan pedal rem yang diinjak.

Brake Assist mampu membaca sekaligus mendeteksi pelepasan kaki di pedal gas baik secara mendadak maupun berpindah ke rem.

ABS (Anti-lock Brake System)

Anti-lock Brake System atau yang biasa disingkat dengan ABS punya cara kerja lain. Sistem ini mampu membuat roda tidak terkunci ketika pengereman dilakukan terdalalu dalam.

Fitur lainnya adalah, sistem ini mampu memberikan kontrol pengendalian pada kondisi jalan basah. Satu hal yang sangat berguna tentunya, terutama ketika di musim penghujan.

EBD (Electronic Brake force Distribution)

Terakhir, Electronic Brake force Distribution yang bekerja mengatur tekanan rem sesuai beban dan kecepatan masing-masing roda.Tak hanya itu, sistem ini juga bekerja sebagai penyeimbang tekanan rem pada masing-masing roda.

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga