fbpx
Ganti Oli Mobil? Ini Tipsnya Untuk Bedakan yang Asli dan Palsu

Pilihan perlengkapan atau bagian dari komponen mobil yang asli dan palsu kini semakin sulit dibedakan. Salah satunya adalah ketika pemilik kendaraan roda empat ingin ganti oli mobil asli dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Perkara oli mobil yang asli dan palsu di beberapa tempat pun justru sulit dibedakan. Pasalnya, beberapa oli palsu pun dibuat terlihat mirip dan cukup meyakinkan pemilik mobil untuk memilihnya.

Pasalnya, oli palsu yang beredar justru bisa berbahaya bagi mobil. Agar lebih waspada, berikut beberapa tips melakukan cara yang tepat membedakan ganti oli mobil asli dan palsu.

Baca juga: Selain Servis Ganti Oli, Filter Oli Mesin Mobil Pun Wajib Dirawat

Baca juga: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Mesin, Bagi Pemilik Mobil Baru

1. Kemasan botol

Membedakan mana oli asli dan palsu bisa dilihat dari kemasan botol yang dihadikan. Para produsen oli palsu menggunakan botol daur ulang agar menghemat biaya untuk membuat kemasan baru.

Sementara itu, pabrikan yang memproduksi oli asli tidak akan pernah menggunakan botol bekas atau daru ulang untuk setiap produk-produknya.

2. Cek nomor produksi

Sama seperti membeli roti yang memiliki tanggal kadaluarsa, hal yang harus kamu perhatikan secara detil pada produk oli. Oli yang asli akan menempatkan nomor khusus pada dua tempat yang berbeda.

Pertama, di bagian tutup botol dan pada bagian badan badan botol oli itu sendiri. Nomor ini biasanya sama dan identik. Hal ini yang kemudian tidak tercantum pada oli mobi yang palsu.

3. Logo hologram

Beberapa produsen mobil menampilkan logo hologram yang disertai dengan kode khusus untuk menampilkan ciri khas produk mereka.

Hal ini yang tidak dimiliki oleh oli palsu, karena logo hologramnya terlihat menggunakan cetakan yang asal-asalan. Hal yang terjadi detil-detil oli palsunya pun akan semakin terlihat.

Untuk bagian ini, kamu memang harus benar-benar detil dan cermat untuk melihatnya, sehingga memastikan bahwa oli mobil yang akan dibeli memang benar-benar asli dan bukan yang palsu.

4. Cek warna oli

Oli mobil yang sali biasanya akan berwarna bening dan tidak mengeluarkan bau yang anehasli adalah berwarna bening dan tidak berbau aneh, sedangkan oli palsu biasanya berbau gosong dan berwarna keruh.

Nah, itulah beberapa tips untuk Sahabat agar tidak tertipu dalam membeli oli. Semoga bermanfaat ya ! Jika Sahabat bingung, dengan perawatan ganti oli di Jasa dan Servis Garasi.id kamu bisa mendapatkan oli berkualitas yang tentunya asli jadi Sahabat tidak perlu ragu lagi.

5. Teknologi Tutup Botol

Satu hal wajib lainnya yang perlu diperhatikan adalah tutup botol. Terkesan sepele memang, namun beberapa pabrikan, sudah menggunakan teknologi khusus untuk pembuatan tutup botol oli mobil ini.

Salah satu cirinya yang khas adalah tutup botol ini dapat digunakan sekali. Jika sudah terbuka dalam waktu yang lama maka bagian tutup bisa rusak. Cara ini diterapkan oleh pembuat oli agar tutup botol tersebut di daur ulang dan dijadikan sebagai tutup yang baru untuk oli palsu.

Sudah siap untuk ganti oli mobil asli?

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat Untuk Kendaraan

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis termasuk tips memilih oli mobil yang baik untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna smarpthone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga