fbpx
Hati-hati! Ini yang Harus Dilakukan Agar Cat Mobil Tidak Rusak
Article 01

Cat mobil yang tak lagi mengkilap atau terkena tumpahan dan goresan benda lain memang akan merusak penampilan mobil itu sendiri. Ada banyak trik yang bisa dilakukan agar cat mobil tidak rusak.

Beberapa diantaranya bahkan berasal dari kebiasaan melakukan perawatan mobil itu sendiri. Lalu, seperti apa ya cara perawatan cat mobil agar tidak rusak?

1. Air saat cuci mobil

hati-hati-ini-yang-harus-dilakukan-agar-cat-mobil-tidak-rusak

Di satu sisi, air memang sangat berperan menjaga keindahan mobil. Terutama ketika mencuci mobil atau bahkan membersihkan debu dan kotoran. Namun, di sisi lain, air bisa menjadi suatu momok yang sangat menakutkan dan bahkan membuat cat mobil menjadi tidak rusak.

Hal yang paling penting adalah dengan tidak membiarkan air mengering dengan sendirinya seusai mencuci mobil. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menimbulkan jamur dan justru merusak cat mobil itu sendiri. Apalagi, jika berkaitan dengan musim hujan, membiarkan air mengering dengan sendirinya jelas akan merusak kualitas cat mobil.

Oleh karena itu, jangan biarkan air mengering dengan sendirinya di bagian bodi mobil. Bersihkan dengan mengusapkan titik air menggunakan chamoios agar semua tumpahan air memang benar-benar tidak ada lagi di dalam mobil.

2. Penggunaan sabun dan shampoo

hati-hati-ini-yang-harus-dilakukan-agar-cat-mobil-tidak-rusak

Mencuci mobil memang tidak bisa sembarangan. Salah satunya adalah penggunaan bahan-bahan pendukungnya, seperti sabun atau shampoo. Jika sembarangan, bisa-bisa body mobil, akan jadi terlihat buruk.

Saat memilih sabun atau shampoo khusus mobil pastikan agar kandungan PH jangan terlalu tinggi. Pasalnya jika memilih yang terlalu tinggi, bisa-bisa akan membuat cat mobil jadi rusak.

3. Penggunaan air wiper

hati-hati-ini-yang-harus-dilakukan-agar-cat-mobil-tidak-rusak

Tak jarang, minyak bisa mampir ke kaca mobil dan menganggu pemandangan dari balik kemudi. Solusi yang sering digunakan adalah dengan menggunakan wiper fluid, pada air pencuci kaca.

Cara ini memang terbukti egektif, namun jika wiper fluid ini ketumpahan pada bagian bodi mobil justru bisa merusak catnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika menggunakan wiper fluid untuk mobil kamu.

4. Hati-hati dengan air aki

hati-hati-ini-yang-harus-dilakukan-agar-cat-mobil-tidak-rusak

Bagi kamu yang sedang mengganti air aki, pastikan agar cairannya tidak tumpah ke bodi mobil. Hal ini terjadi karena tumpahan atau uapnya yang sudah menyatu dengan sel aki akan membuat cat mobil menjadi rusak.

5. Hati-hati dengan minyak rem

Selain air aki, berhati-hatilah ketika akan menggunakan minyak rem. Jika tumpah, ke bagian bodi mobil ini bisa menjadi suatu masalah besar, karena akan merusak warna dan kualitas cat tersebut.

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan minyak rem. Jika tumpah, segera siram dengan air hangat dan lap dengan kain halus.

Baca juga: Tak Ingin Biaya Cat Mobil Mahal? Hindari 5 Cairan yang Bisa Merusak Ini

Baca juga: Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Favorit Warna Hitam atau Putih

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel mobil terdekat secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga