fbpx
Ini Akibat Jika Menggunakan Rem Tangan Secara Berlebihan
Article 01

Tak ada yang lebih praktis dari menggunakan rem tangan. Untuk beberapa hal, fungsi bagian mobil yang satu ini punya banyak fungsi. Selain terdapat beberapa pantangan dalam menggunakan bagian mobil ini, menggunakan rem tangan berlebihan juga bisa memberikan masalah tersendiri.

Jika selama ini kamu sering mendengar jika rem tangan mobil punya ketentuan tersendiri ketika digunakan pada mobil matic, maka hal-hal berikut ini bisa memberikan dampak yang lain.

Apa saja akibatnya jika menggunakan rem tangan berlebihan pada mobil?

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya

1. Bagian kampas rem copot

Tak harus selalu menggunakan rem tangan, bahkan ketika berhenti di lampu merah atau melewati jalanan yang macet untuk berhenti ada benarnya juga.

Jika terus-terusan digunakan dan dilakukan dengan frekuensi yang berlebihan bisa membuat kampas rem lepas dari besi peyangganya. Hal ini biasanya terjadi pada rem tangan dengan jenis tromol. Apalagi, rancangan rem tangan itu memang digunakan hanya pada waktu tertentu dan digunakan secara tidak berlebihan.

2. Rem bisa lengket

Akibat menggunakan rem tangan berlebihan berikutnya adalah akan membuat rem tersebut menjadi lengket

Bagian-bagian rem yang saling bergesekan akan membuat kampas rem menjadi lengket. Jika terus dibiarkan dan lagi-lagi sering digunakan akan membuat rem menjadi lepas dari bagian aslinya.

Hal ini terjadi ketika kampas rem berada dalam kondisi yang basah. Jadi, hati-hati memaksimalkan rem tangan ya.

Baca juga: 4 Cara Merawat Rem Tangan Mobil Agar Fungsinya Menjadi Maksimal

Baca juga: Tips Merawat Rem Mobil Demi Menjaga Keamanan Berkendara

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga