fbpx
Ini Bahaya yang Terjadi Jika Mobil Terlalu Kelebihan Muatan

Mobil diciptakan oleh pabrikan selalu punya ketentuan-ketentuannya sendiri. Salah satunya adalah kapasitas mobil yang sudah dibuat dan disesuaikan dengan keseluruhan komponen. Lalu, bagaimana jadinya jika mobil kelebihan muatan?

Satu hal, jika ini terus terjadi dan dipaksakan, maka akan memberikan bahaya untuk mobil kamu. Tidak hanya untuk bahaya sesaat, namun juga bahaya jangka panjang yang berujung pada kerusakan mobil. Apa saja ya?

Baca juga: Cara Sederhana Ini Bisa Membersihkan Kabin Mobil yang Kotor

1. Bahan bakar terkuras

Bahaya pertama yang akan terjadi adalah bahan bakar mobil akan mudah terkuras jika mobil kelebihan muatan. Cara ini akan membuat beban mesin juga akan terus meningkat dan memaksa mesin terus bekerja, sehingga energi mesin tersebut menguras bahan bakar.

Jadi, jangan pernah biarkan mobil kamu selalu membawa beban yang berlebihan, supaya bahan bakar mobil pun tidak terkuras.

2. Kenyamanan terganggu

SAMSUNG

Hal berikutnya yang akan membuat semua pemilik mobil terganggu adalah tentang kenyamanan. Apalagi, jika sudah membawa barang banyak di bagasi dan terlalu banyak penumpang di kabin.

Hal ini sudah pasti dan jelas akan menganggu kenyamanan dalam berkendara.

3. Ban dan velg rusak

Sementara itu, hal berbahaya yang akan berdampak panjang bisa dimulai dari kondisi ban velg mobil yang kemudian rusak jika terus dipaksakan seperti ini.

Kondisi ban akan mudah dengan cepat habis akibat beban yang harus ditanggung sangat berat dan berlangsung pada waktu yang secara terus-menerus.

Lama-lama kondisi ban tersebut akan tipis dan membuat bagian velg mobil pun terganggu. Jadi, mulai sekarang, hindarilah mengangkur barang yang berlebihan pada mobil kamu.

4. Kaki kaki mobil cepat rusak

Ini yang paling berbahaya. Dari setiap mobil, bagian kaki kaki punya banyak sekali komponen yang saling terkait satu sama lain. Namun, jika beban mobil terlalu berat, maka setiap detil kaki kaki komponen mobil akan terdampak.

Understeel, shick absorber, hingga arm bushing bisa saja terganggu dan akan mudah rusak sebelum jangka waktunya.

5. Akselerasi mobil terganggu

Terakhir, akselerasi mobil pun akan terdampak jika mobil kelebihan muatan. Manuver mulai berkurang dan jarak tempuh yang lama.

Mobil pun akan kesulitan mencari titik keseimbangan yang tentunya akan berpengaruh pada jarak tempuh yang semakin lama.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga