fbpx
Ini Bahayanya Jika Oli Transmisi Mobil Matic Berkurang
Article 01

Meskipun dikenal mudah digunakan, namun mobil transmisi matic ternyata bisa mengundang masalah. Apalagi jika oli transmisi mobil matic kurang. Siap-siap saja mobil akan mengalami banyak kendala.

Oli transmisi sendiri adalah cairan yang bertujuan untuk menjadi pelumas bagi transmisi. Jika tidak pernah dilumasi, maka gesekan antara komponen akan menjadi kasar dan transmisi pun mudah aus.

Pada dasarnya, pergantian oli pada mobil matic disarankan ketika mobil sudah menemupuh jarak antara 40.000 km. Meskipun harus dilakukan pergantian dalam rentang waktu yang lama, namun oli transmisi harus tetap diperhatikan. Jika berkurang, tiga hal ini akan terjadi pada mobil.

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Baca juga: Bagian Komponen Mobil Transmisi Matic yang Wajib Servis


1. Suara berisik saat ganti transmisi

ini-bahayanya-jika-oli-transmisi-mobil-matic-berkurang


Lalu, apa saja pertanda oli transmisi mobil matic harus diperiksa atau diganti? Hal pertama yang akan terasa adalah ketika kamu mednegarkan suara yang tak lazim, ketika persneling berpindah saat transmisi bekerja.

Untuk melakukan pengecekan, gunakan deepstick oli untuk mengetahui volume oli yang tersisa. Jika memang benar berkurang, maka segera bawa ke bengkel mobil untuk melakukan perbaikan, khususnya pada oli transmisi.

2. Transmisi terasa berat

ini-bahayanya-jika-oli-transmisi-mobil-matic-berkurang

Bukan hanya gas atau tarikan mobil yang terasa berat. Namun, pada komponen transmisi hal ini pun bisa terjadi. Hal ini kerap terjadi pada pemilik mobil matic yang kesulitan dalam menggerakkan persneling.

Hal ini terjadi karena oli transmisi kurang yang kemudian menyebabkan terjadinya ruang transmisi menjadi aus dan berkarat. Jika dianggap sepele dan dibiarkan begitu, saja, maka transmisi mobil akan menjadi rusak, dan biaya perbaikannya pun membutuhkan nominal yang tak sedikit.

3. Transmisi matic rusak total

Paling fatal, jika membiarkan oli transmisi mobil matic berkurang dan tak dicek secara berkala adalah kerusakan total. Kerusakan ini bisa berakibat pada fungsi pada setiap tanda di transmisi matic.

Satu-satunya jalan keluar yang bisa dilakukan adalah dengan membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan total pada bagian komponen transmisi.

Oli transmisi pada dasarnya sangat penting, baik bagi mobil matic atau pun manual. Oleh karena itu, selalu jaga volumenya dengan tepat. Jika tidak tiga hal tadi bisa membuat kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Transmisi Matic dan Transmisi Manual

Baca juga: 3 Tanda Ini Menyatakan Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga