fbpx
Ini Bahayanya Jika Sering Telat Ganti Oli Mobil Secara Berkala
Article 01

Sudah servis berkala di awal tahun 2021? Atau sudahkah ganti oli mobil berkala sesuai dengan rekomendasi jarak tempuh dari pabrikan mobil? Jika ini masih belum kamu lakukan, siap-siap saja mobil akan bermasalah.

Satu hal wajib ini memang kerap terlupakan atau bahkan dianggap sepele begitu saja. Terlepas dari apakah harus rutin ganti oli mobil berkala, hal penting lainnya yang sering terlewat adalah penggunaan oli yang sesuai dengan standar dan tepat dengan jenis mobil.

Jika belum juga ganti oli mobil, siap-siap saja, beberapa hal berikut ini bisa terjadi pada mobil.

Baca juga: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Mesin, Bagi Pemilik Mobil Baru

Baca juga: 8 Pertanda dan Pengingat Mobil Kamu Harus Ganti Oli Mesin

1. Gagal uji emisi

ini-bahayanya-jika-sering-telat-ganti-oli-mobil-secara-berkala
Sumber: desert title

Bagi yang tinggal di Jakarta, dalam waktu dekat pemerintah provinsi akan segera melakukan uji emisi terhadap mobil. Nah, buat kamu yang tinggal atau beraktivitas di Jakarta, dan selama ini jarang ganti oli mobil, siap-siap saja mobil kamu bisa dinyatakan tidak lulus uji emisi.

Hal ini terjadi karena oli mobil punya pengaruh terhadap pembakaran dan kinerja mesin secara keseluruhan. Jadi, jika ingin mobil kamu lulus uji emisi, salah satu syaratnya adalah dengan ganti oli secara berkala di bengkel mobil terdekat.

2. Perlahan tenaga mesin menurun

ini-bahayanya-jika-sering-telat-ganti-oli-mobil-secara-berkala
Sumber: US Insurance agents

Berkali-kali tak juga mengganti oli mobil secara berkala dapat membuat tenaga mesin mobi menurun. Awalnya, memang tidak akan terasa. Namun, pelan-pekan, energi yang dihasilkan mesin tak akan lagi sama. Tarikan berkurang, meskipun rasanya gas sudah digeber. Bahkan, suara mesin mobil bisa menjadi kasar.

3. Mesin cepat panas

ini-bahayanya-jika-sering-telat-ganti-oli-mobil-secara-berkala
Sumber: Auto repait

Satu hal jamak dan sering terjadi, adalah suhu mobil akan naik dan menjadi panas. Hasilnya, mesin pun menjadi overheating. Sementara itu fungsi pendingin mobil yang biasanya bekerja pun tak sanggup melawan suhu panas pada mobil.

Jadi, jika tak juga mengganti oli mobi secara berkala, siap-siap saja mobil akan menjadi panas berlebihan atau overheating.

4. Boros Bensin

ini-bahayanya-jika-sering-telat-ganti-oli-mobil-secara-berkala
Sumber: Autoblog

Banyak hal yang bisa menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros. Salah satunya adalah karena jarang ganti oli mobil berkala. Gesekan antar komponen mobil yang kasar karena jarang ganti oli, bisa menyebabkan tarikan menjadi kuat.

Mesin pun butuh tenaga yang besar, yaitu bensin. Jika dibiarkan seperti ini, volume bahan bakar mobil bisa berkurang dengan sangat cepat. Selain boros bahan bakar, isi dompet pun bisa tipis karena hal ini.

Tak ada kata terlambar, kamu bisa mengganti oli di bengkel mobil terdekat atau bahkan menggunakan layanan bengkel home service melalui aplikasi Carsworld.

Baca juga: 4 Keuntungan Ganti Oli Mobil Sesuai Syarat dan Waktunya

Baca juga: Selain Servis Ganti Oli, Filter Oli Mesin Mobil Pun Wajib Dirawat

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga