fbpx
Ini Cara Merawat Mobil Transmisi CVT, Agar Berumur Panjang
Article 01

Dari berbagai macam mobil bertransmisi matic, penggunaan teknologi transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) adalah yang populer saat ini. Ciri khas yang kerap dingat saat menggunakan mobil transmisi CVT adalah kenyamanan dan bahkan lebih efisien dalam penggunan bahan bakar. Namun mobil transmisi ini pun butuh perawatan. Lalu, seperti apa cara cara merawat transmisi cvt mobil matic

Tiga tips sederhana berikut ini akan membantu kamu dalam menemukan cara terbaik untuk merawat mobil transmisi CVT. Berikut pilihannya.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Oli Transmisi Mobil Matic Berkurang

Baca juga: Penyebab Sederhana Mobil Transmisi CVT Mengalami Masalah

1. Mengendalikan mobil dengan tertib

ini-cara-merawat-mobil-transmisi-cvt-agar-berumur-panjang

Ciri khas yang lain dan cukup dikenal pada mobil dengan teknologi transmisi CVT adalah dengan mengadopsi puli ganda. Cara bekerja seperti yang fleksibel, sehingga diameter sabuk baja yang dapat membuat rasio gigi menjadi lebih lebar.

Cara kerja ini yang mewajibkan pemilik mobil untuk mengendalikan mobilnya dengan tertib, tidak tergesa-gesa, bahkan terkesan kasar.

Gaya berkendara yang halus tanpa harus menggeber dengan akselerasi tingkat tinggi akan membuat transmisi cvt menjadi lebih awet dan tetap prima.

2. Tepat memposisikan transmisi

ini-cara-merawat-mobil-transmisi-cvt-agar-berumur-panjang

Transmisi CVT juga punya mode otomatis manual. Bagi yang ingin memilih manual dapat menggeser tuas transmisi dari posisi D (drive) ke posisi M (manual). Hal ini juga dilengkapi dengan tanda (+) untuk upshift dan tanda (-) untuk downshift.

Mode manual yang dihadirkan dalam teknologi ini dapat direspon dengan sistem komputer transmisi dan torque converter yang terdapat di transmisi CVT. Di sinilah pentingnya memposisikan transmisi dengan baik. Misalnya, ketika harus melewati jalanan yang menanjak dengan mode manual maka sebaiknya gunakan gigi rendah.

Begitu ketika berada dalam kecepatan tinggi, hindari untuk langsung menurunkannya ke posisi gigi rendah.

3. Perawatan berkala

ini-cara-merawat-mobil-transmisi-cvt-agar-berumur-panjang

Apa pun itu, setiap komponen mobil wajib selalu mendapatkan perawatan berkala. Hal yang sama juga berlaku untuk mobil yang menggunakan transmisi CVT.

Inilah yang menjadi salah satu syarat mutlak cara merawat transmisi cvt mobil agar kondisinya tetap prima.

Hal ini terjadi, karena jalanan di kota besar kerap macet dan akan berpengaruh langsung pada waktu penggunaan oli transmisi, khususnya CVT. Oleh karena itu, jika kendaraan sudah melajut sepanjang 40.000 km maka perlu mendapatkan perawatan berkala. Sementara itu, jika sudah melaju diatas 100.000 km, maka oli transmisi wajib untuk dikuras.

Baca juga: Bagian Komponen Mobil Transmisi Matic yang Wajib Servis

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Transmisi Matic dan Transmisi Manual

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga