fbpx
Ini Indikasi Aki Mobil Mulai Tekor dan Cara Mengatasinya
Article 01

Aki memang tidak bisa dilepaskan dari pergerakan mobil. Tak hanya untuk mesin, namun juga bagian kelistrikan mobil pun membutuhkan aki untuk bisa bekerja. Namun, tidak jarang pula, aki mobil tekor atau soak.

Padahal, aki mobil sangat berperan besar bagi kenyamanan mengemudi. akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Faktanya, kondisi aki mobil yang mulai soak atau tekor sebenarnya mudah untuk dideteksi. Apa saja ya?

1. Kesulitan menyalakan mesin

Banyak faktor yang membuat mobil susah dinyalakan. Salah satunya adalah karena kondisi aki mobil yang sudah tidak bekerja dengan baik. Beberapa yang paling umum adalah suara mobil mengeluarkan suara tersendar, ketika kunci mobil mulai diputar.

Bahkan, sampai yang paling buruk, mobil tidak bisa dinyalakan sama sekali. Jika normat, ketika kunci mobil diputar, maka listrik dari aki mengalir ke bagian dinamo dan menyalakan mesin.

Jika ini terjadi pada mobil kamu, segera cek dan bawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

2. Indikator aki redup

Satu hal yang pasti dan sering terjadi adalah ketika kunci kontak mobil diputar, lampu indikator akan menyala. Namun, hal ini tidak berlaku jika aki mobil sedang dalam kondisi yang kurang baik.

Lampu-lampu indikator akan meredup, meskipun mobil masih bisa dihidupkan. Namun, jika kamu berada di situasi seperti ini, segera cek kondisi aki mobil, untuk memastikan kenyamanan berkendara selalu menjadi pilihan utama.

3. Bunyi klakson

Faktor lain yang jadi penyebab aki mobil tidak bekerja dengan baik adalah suara klakson yang terdengar lemah. Meskipun sudah ditekan dengan tenaga yang maksimal, namun ketika klakson mobil tidak lagi nyaring bunyinya, menandakan ada masalah pada bagian aki mobil.

4. Lampu mobil tak maksimal

Seperti yang sudah Carsworld ungkapkan sebelumnya, aki mobil tekor. Kelistrikan pada lampu menjadi tidak bekerja dengan baik.

Lampu-lampu mobil yang sebenarnya menjadi penunjang keamanan dan kenyamanan pemilik mobil tidak dapat bekerja dengan baik. Jika lampu mobil sudah repud, berarti sumber dari lampu tersebut harus dicari.

Bukan berarti hanya kondisi lampu yang sudah tidak maksimal, namun kondisi aki mobil pun harus menjadi perhatian serius dari pemilik mobil.

Baca juga: Terus Menyala, Apa yang Jadi Masalah Pada Indikator Aki Mobil

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Cara mengatasi aki mobil tekor

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki mobil tekor. Sekarang waktunya untuk melakukan cara mengatasi agar aki mobil tersebut tidak tergerus dan dapat bekerja dengan maksimal. Tiga cara ini akan membantu mengatasi aki mobil soak atau tekor.

1. Panaskan mobil

Menyalakan mobil setiap pagi dengan memanaskannya dalam rentang waktu 10 menit adalah pilihan terbaik agar aki mobil tidak mudah tergerus.

Apalagi, di masa-masa PSBB dimana aktivitas berkurang, bukan berarti membiarkan mobil teronggok begitu saja di garasi. Selalu panaskan mobil dalam waktu yang tepat untuk mencegah agar aki mobil tidak soak.

Bersihkan secara rutin

Hal lain yang wajib dilakukan adalah dengan membersihkan aki mobil secara rutin. Mulai dari seluruh lapisannya, termasuk bagian terimnal yang kerap kotor.

Lakukan dengan hati-hati dan perlahan-lagar, agar komponen-komponen aki lainnya tidak terganggu. Jika kamu ragu untuk melakukannya snediri, bisa datang ke bengkel mobil terdekat untuk membersihkan aki mobil .

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga