fbpx
Ini Jawabannya, Kenapa Performa Mesin Mobil Jadi Turun

Tak ada yang abadi. Hal yang sama juga terjadi pada mobil. Salah satu yang paling umum dan merupakan puncak akumulasinya adalah Ini Jawabannya, Kenapa performa mesin mobil Jadi turun. Rata-rata, hal ini akan terjadi ketika mobil sudah berusia lima tahun lebih.

Apa saja yang pada akhirnya performa mesin mobil turun jauh setelah lima tahun masa penggunaannya? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Hati-hati! 4 Faktor Ini Jadi Penyebab Mobil Turun Mesin

1. Tumpukkan karbon

Secanggih atau sekeren apa pun mobil, namun penumpukkan kabron di dalam mesin adalah satu hal yang tak terhindarkan. Hal ini bermula karena pembakaran yang tidak selalu berjala sempurna di ruang bakar.

Bahkan, ketika mobil-mobil modern sudah dilengkapi dengan sensor khusus untuk menjaga proses pembakaran, tumpukkan karbon ini tetap tak bisa dihindari.

Meski pun sudah dilakukan perawatan berkala, namun, penumpukkan karbon yang kerap terjadi dan berlangsung secara terus-menerus akan selalu membuat performa mesin mobil pun menjadi berkurang.

2. Komponen yang bermasalah

Pastinya dalam masa pemakaian mobil, komponen-komponen mobil akan selalu meninggalkan masalah. Tak hanya satu, namun beragam komponen mobil bisa terganggu performanya karena pemakaian mobil itu sendiri.

Mulai dari, filter udara, busi mobil hingga mesin yang overheat adalah sekumpulan masalah yang tentunya pernah terjadi pada mobil. Hal ini bisa bertambah buruk jika mobil selalu melewatkan masa servis berkalanya, atau bahkan tidak sama sekali melakukan perawatan berkala.

Solusi untuk menghindari hal seperti ini sebenarnya sangat sederhana. Lakukan servis berkala mobil sesuai dengan waktu yang tepat dna dianjurkan oleh pabrikan mobil. Bahkan, ketika masa servis berkala gratis yang diberikan oleh pabrikan mobil sudah habis.

3. Penggunaan bahan bakar

Masih menjadi kebiasaan yang buruk dan bahkan sering dilakukan pemilik mobil. Benar, penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah dan tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh pabrikan mobil adalah masalah besar.

Jika hal ini sering dilakukan, lambat laun performa performa mesin mobil turun pun bukan sesuatu yang harus dihindari. Menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah akan membuat mobil sulit berakselerasi hingga membuat sisa-sisa pembakaran menumpuk di ruang bakar. Alhasil, performa mesin pun menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah atau yang memang tidak sesuai dengan jenis mobil kamu.

Baca juga: 4 Pemicu Mesin Mobil Kurang Bertenaga dan Penyebabnya

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga