fbpx
Ini Tanda Kerusakan Pada ECU Mobil yang Wajib Diketahui

Kemajuan di bidang pembuatan mobil terus berkembang. Beberapa tahun yang lalu, pergerakan mobil masih dibuat dalam sistem mekanik, namun kini, di masa yang modern sudah menggunakan sistem elektrik. Salah satunya adalah mobil injeksi yang menggunakan ECU atau Electronic Control Unik, sekarang, 80 % sistem didalam mobil sudah berteknologi elektrik. Berperan sebagai pusatnya, bagaiamana jadinya jika ECU mobil rusak? Apa yang harus dilakukan?

Namun, sebelum itu, Carsworld akan membagikan beberapa hal penting terkait dengan ECU. ECU mobil sebagai sirkuit utama pada mobil modern akan bekerja sebagai akuator untuk menggantikan sistem mekanik seperti Electric Fan atau VVT. Oleh karena itu, bagian yang satu ini punya peran besar di dalam mobil masa kini.

Fungsi ECU sendiri cukup banyak pada mobil. Beberapa diantaranya adalah mengontrol, pembukaan dan volume bensin pada injektor, waktu penyalaan busi sesuai kondisi mesin, kinerja kipas pendingin mesin hingga menyalakan alarm mobil ketika munculnya gangguan.

Jika sudah begini, tentunya ECU menjadi sangat vital. Lalu, apa saja pertanda kerusakan ECU mobil?

Tanda kerusakan ECU mobil

Bagi pemilik mobil injeksi dengan usia yang sudah cukup panjang tentunya pernah mengalami beberapa gangguan pada mobil mereka. Rata-rata gangguan ini terjadi ketika usia mobil sudah mulai berada di angka 10 tahun.

Bagi kamu yang memiliki mobil injeksi dan sudah mendekati usia 10 tahun, hal-hal penting tentang pertanda kerusakan ECU mobil ini penting untuk diketahui. Tujuannya adalah agar sesegera meungkin mendapatkan perawatan maksimal dari bengkel mobil terdekat. Lalu, apa saja tanda kerusakan ECU pada mobil?

  • Mesin mulai sulit untuk dinyalakan meskipun distarter berulang kali
  • Akselerasi mobil tidak berjalan baik dan mesin sering tersendat.
  • Tenaga mesin mobil tidak mampu dipacu dengan maksimal
  • Konsumsi bahan bakar mulai boros, meskipun jarak tempuh tidak jauh.
  • Lampu check engine pada tampilan dasbor terus menyala bahkan mati total.

Jika ini terjadi pada mobil injeksi, maka sistem ECU wajib diperiksa. Segera bawa ke bengkel mobil untuk mendapatkan perawatan maksimal.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil yang Mulai Melemah

Baca juga: Berfungsi Meningkatkan Performa Mesin, Ini Beda Tune Up dan Overhaul

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga