fbpx
Ini Tandanya Ban Mobil Wajib Balancing di Bengkel
Article 01

Kondisi ban mobil yang sudah tak berfungsi dengan baik, tentunya bisa menimbulkan bahaya. Jika sudah terlalu parah, maka balancing ban mobil biasanya akan jadi solusi.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali kondisi ban dengan baik, agar tidak terjadi hal-hal yang menganggu perjalanan. Sebagai informasi, tanda-tanda berikut ini mewajibkan kamu sebagai pemilik mobil untuk balancing ban mobil sesegera mungkin di Cara Menggunakan Aplikasi Booking Bengkel Carsworld , atau bengkel spesialis balancing.

Baca juga: Keuntungan Spooring Balancing Bagi Kenyamanan Mobil

Baca juga: 4 Cara Ini Bikin Kamu Tahu Kapan Waktu untuk Spooring dan Balancing

1. Tapak ban aus

Satu hal yang mungkin kerap terlupakan, atau bahkan jarang diperiksa. Benar, kondisi tapak ban mobil yang sudah aus terkadang kerap lut dari perhatian para pemilik mobil.

Padahal, cara untuk mendeteksi tapak ban aus sebenarnya cukup mudah. Jika menemukan bagian sisi ban lebih aus dari ban yang lain, dapat menimbulkan ban mobil akan bergerak secara tidak seimbang.

Di sinilah peran balancing untuk menyeimbangkan kembali kondisi ban mobil.

2. Efek guncangan

Jika memang terlewatkan dalam memeriksa kondisi tapak ban, pertanda balancing ban mobil harus dilakukan adalah dengan merasakan ketika terjadinya guncangan yang terasa buruk ketika duduk di balik kemudi atau di kabin.

Selain ketidaknyamanan, guncangan juga akan membuat kinerja mobil menurun, dan jika digunakan untuk jarak tempuh yang panjang tentunya akan membuat beban mobil bertambah, serta akan merusakan komponen mobil, khususnya di bagian kaki kaki mobil.

3. Konsumsi BBM boros

Kondisi ban mobil yang tidak seimbang bisa dipastikan membuat kerja mesin mobil juga berat. Jika sudah begini, akan terasa pula konsumsi bahan bakar yang boros.

Oleh karena itu, perlu dicek terlebih dahulu apakah BBM yang boros disebabkan oleh kondisi mesin, ruang bakar atau bahkan kaki kaki mobil.

Jika datang ke bengkel dan kemudian ditawarkan untuk balancing ban mobil, maka perawatan ini bisa menjadi pilihan.

4. Terlalu banyak getaran

Getaran pada kemudi yang terlalu sering dan terjadi setiap saat bisa menjadi pertanda jika ban mobil mengalami gangguan atau sedang berada pada posisi yang tidak seimbang.

Jika dibiarkan, bukan tidak hanya kemudi saja yang akan bergetar, namun bagian-bagian lain, termasuk pada kursi yang semakin membuat mobil menjadi tidak nyaman.

5. Kemudi tidak nyaman

Bukan hanya kemudi yang bergetar, namun kemudi menjadi sulit dikendalikan. Bahkan, ketika digerakkan pun ban mobil bermasalah. Jika ini terjadi, maka balancing ban mobil yang segera dilakukan .

Jika tidak, maka akan membuat kenderaan lebih sulit untuk dikontrol dan sangat mungkin menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Nyetir Tidak Nyaman? Kenali Gejala Kerusakan Pada Tie Rod Mobil

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga