fbpx
Ini Waktu dan Kilometer yang Dibutuhkan Untuk Servis AC Mobil
Article 01

Jangan pernah tunggu AC mobi lrusak dan kemudian baru datang ke bengkel untuk memperbaikinya. Hal ini terjadi servis AC mobil wajib juga dilakukan secara berkala.

Service AC yang rutin sesuai dengan waktunya akan membuat komponen mobil yang satu ini dapat bekerja dengan baik. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan AC untuk mobil?

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat

Jadwal servis AC mobil

Banyak faktor yang menyebabkan jadwal servis AC mobil masing-miasingnya berbeda. Namun, beberapa bengkel rata-rata menyarankan untuk melakukan jadwal servis berkala untuk AC mobil ketika sudah digunakan selama satu tahun, atau sudah menempuh jarak hingga 10.000 km.

Meskipun begitu, angka jarak tempuh 10.000 km bukanlah patolan pasti. Beberapa mobil yang sering beraktivitas di kawasan industri biasanya membutuhkan perawatan yang kilometernya lebih kecil.

Artinya, bisa saja setiap 5.000 km maka servis AC sudah wajib untuk dilakukan. Hal ini terjadi karena di kawasan industri, pertukaran udara plus debu dan kotoran akan tinggi dan bisa masuk ke dalam bagian-bagian mobil termasuk AC.

Secara umum, jenis servis AC biasanya akan dilihat pada servis berkala dan servis ringan. Namun, bukan berarti, jadwal servis berkalanya diabaikan. Mengingat beberapa bagian seperti evaporator dan filter menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran sehingga memperlembat kerja AC mobil itu sendiri.

Jadi, bagi pemilik mobil, pastikan untuk melakukan dua jenis servis AC ini, komponen penting yang satu ini benar-benar terawat dengan baik.

Keuntungan service AC

Salah satu hal yang membuat mobil terawat dengan baik adalah dimulai dengan perawatan bagian-bagian komponen mobilnya. Salah satunya AC. Jika dirawat dengan tepat akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik mobil. Berikut beberapa diantaranya.

Mencegah munculnya risiko


Service AC mobil secara rutin, akan membuat kondisi komponen mobil yang satu ini terhindari dari risiko kerusakan yang lebih besar. Tak hanya risiko kerusakan yang lebih besar, rutin merawat AC juga dapat membuar pemilik mobil terhindar dari risiko pengeluaran atau biaya yang lebih besar untuk perawatan mobil. Sebaliknya, jika tidak dirawat sesuai dengan waktunya, risiko ini akan terus menghantui.

AC lebih Awet

Tak hanya mencegah munculnya berbagai risiko servis AC mobil yang tepat dan sesuai dengan waktunya akan membuat komponen ini lebih awet. Alhasil, pengeluaran pun tidak akan terkuras, plus jika berencana untuk menjual mobil dengan komponen AC yang masih bagus tentunya akan membuat nilainya cenderung stabil.

Baca juga: Mengenali Penyebab Kerusakan Evaporator Pada AC Mobil

Baca juga: Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga