fbpx
Ini yang Akan Terjadi Pada Rem Saat Mobil Menerjang Banjir

Cuaca hujan yang disertai banjir memang membuat siapa pun harus sigap dalam menghadapinya. Termasuk mobil. Tidak hanya menerjang bagian kakikaki hingga ruang mesin, namun kondisi banjir juga bisa menganggu atau bahkan merusak rem mobil. Nah, agar mengatahui hal tersebut, apa yang terjadi pada rem mobil saat banjir?

Baca juga: 5 Pertanda Jika Rem Mobil Bekas Mengalami Kerusakan

1. Rem jadi pakem

Pada satu sisi, rem mobil yang pakem memang memberikan keuntungan. Namun, tanpa disadari, imbas dari rem mobil yang terkena air banjir juga bisa membuat komponen mobil yang satu ini terlalu pakem

Rata-rata, hal ini terjadi pada mobil mobil yang belum punya fitur Anti-lock Braking System (ABS). Hal ini terjadi karena kotoran yang bersarang di kampas rem dan permukaan piringan cakram akan disingkirkan secara otomatis.

Namun, hal ini kemudian membuat bagian kampas dan piringan cakram juga kembali kotor dan bersumber dari tumpukan debu, atau sampah yang tersapu banjir. Jadi, berhati-hatilah ketika menggunakan rem mobil disaat kondisi banjir.

2. Rem mengeluarkan suara tak biasa

Hal lain yang akan terjadi ketika bagian rem terkena imbas dari banjir adalah suara. Pertama adalah ketika rem diinjak akan mengeluarkan suara yang aneh. Kedua, akan muncul suara berdecit yang menjadi pertanda jika komponen mobil ini sedang bermasalah.

saat rem diinjak. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui sumber penyebab rem mobil yang berdecit.Jika ini terjadi pada mobil kamu ketika sudah melewati daerah yang digenangi banjir, segera lakukan perbaikan di bengkel mobil terdekat.

3. Munculnya kotoran kampas dan cakram

Seperti yang sudah Carsworld sampaikan sebelumnya, kotoran-kotoran lama mungkin saja akan terangkat ketika mobil melewati banjir.

Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika akan muncul kotoran baru. Salah satunya adalah kotoran di bagian kampas rem.Jika tdak segera dibersihkan, maka bisa saja akan merembet pada bagian grinding noise.

Tak hanya menyerang bagian kampas rem, namun efek rem mobil ketika melewati banjir adalah munculnya percikan air yang tersisa pada bagian cakram. Jika dibiarkan, tentu saja akan menyebabkan karat. Oleh karena itu, rajin-rajilan membersihkannya, apalagi ketika di musim hujan yang disertai dengan banjir.

4. Tercecernya oli

Hal terakhir dan bisa terjadi pada bagian rem mobil ketika banjir adalah tercecernya bagian oli dan akan menganggu proses pengereman di kemudian hari.

Hal ini terjadi karena oli menjadi "penengah" antara kanvs rem dan disc brake. Jika tak segera dicek, maka akan membuat rem menjadi tidak pakem.

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya

Baca juga: 5 Penyebab Rem Mobil Blong Ini yang Harus diwaspadai

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga