fbpx
Jika Dibiarkan, Ini Akibat yang Terjadi Jika Mobil Turun Mesin

Tak ada yang pernah suka ketika mobilnya mengalami turun mesin. Hal ini menjadi semacam mimpi buruk bagi pemilik mobil, karena bisa menganggu performa mesin mobil. Jika dibiarkan, terdapat beberapa akibat mobil turun mesin yang mengerinkan.

Lalu, apa saja dampaknya? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Hati-hati! 4 Faktor Ini Jadi Penyebab Mobil Turun Mesin

Baca juga: 8 Pertanda dan Pengingat Mobil Kamu Harus Ganti Oli Mesin

1. Warna asap dari knalpot

Asap putih yang keluar dari knalpot mobil bisa menjadi pertanda mobil turun mesin adalah satu hal yang tidak diinginkan. Apalagi, dalam aturan emisi, mobil-mobil yang diproduksi di atas tahun 2000, seharusnya mengeluarkan asap yang tidak berwarna.

Namun, jika ini terjadi, maka ada masalah serius pada mesin mobi. Munculnya asap yang mengeluarkan warna dari knalpot mobil bisa terjadi karena ada oli yang masuk ke dalam ruang bahan bakar dan ikut terrbakar ketika busi mobil bekerja.

Hasil gesekan antar komponen pun ikut berpengaruh dan menyebabkan, asap yang keluar dari knalpot mobil menjadi berwarna. Perlu perawatan yang serius jika masalah ini terjadi pada mobil. Mulai dari pergantian ring piston hingga bagian komponen mobil lainnya.

Pastikan untuk melakukan perawatan ini di bengkel mobil terdekat untuk mendeteksi

2. Kekentalan oli

Ketika mesin mobil turun, kekentalan oli pun berganti. Hal ini dimulai dari posisi oli dan air pendingin yang sudah tercampur. Selain itu, permasalahan lain yang juga terasa adalah karena bagian-bagian komponen oli yang bocor.

Ketika ini terjadi, maka kombinasi buruk dipastikan akan membuat kamu harus memperbaikinya dan membongkar komponen mesin. Oli yang tercampur dengan air akan membuat warnanya menjadi kental dan yang paling parah, fungsinya sebagai pelumas juga berkurang.

Kalau sudah tercampur, kita tidak bisa hanya mengganti oli mesin, air pendingin dan oil cooler. Tapi kita juga perlu membongkar total semua komponen mesin.

Jika ini terjadi, pastikan untuk membawa mobil kamu bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan yang pasti.

3. Raungan mesin jadi kasar

Akibat mobil turun mesin berikutnya adalah suara mesin yang menjadi kasar. Hal ini terjadi karena beberapa bagian komponen mobil sudah berada dalam kondisi aus.

Penandanya bisa dicek pada bagian pulley dan timing chain. Jika ini sudah terjadi dan sulit kamu atasi sendiri, maka bengkel mobil adalah solusinya. Pastikan untuk datang memeriksakannya ke bengkel mobil dengan mekanik atau teknisi profesional yang terpercaya agar masalah turun mesin pada mobil memang benar-benar bisa teratasi.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil yang Mulai Melemah

Baca juga: Bikin Penasaran, Kenali 5 Masalah Umum Gangguan Mesin Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga