fbpx
Komponen Mobil yang Cenderung Rusak Ketika Sering Terjebak Macet

Punya mobil terbaik sekalipun tetap memaksa kita untuk tetap berhati-hati selama mengendarainya. Salah satunya adalah ketika terjebak macet dan kerap terjadi di kota-kota besar. Beberapa hal yang kerap terjadi adalah komponen mobil rusak karena macet.

Pada faktanya, memang tidak semua komponen mobil bisa rusak karena bekerja lebih keras saat terjebak macet. Namun, beberapa komponen berikut ini wajib menjadi perhatian jika tivitas sehari-hari dengan mobil lebih sering terjebak macet. Berikut beberapa komponennya.

Baca juga: Mulai Kejebak Macet? Ini 4 Cara Hemat BBM Mobil di Masa PSBB Transisi

Baca juga: Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet

1. Kopling

Mobil manual atau matic akan selalu memaksa kopling mobil akan terus bekerja keras saat terjebak dalam macet. Posisi kendaraan yang berhenti-dan kemudian jalan lagi dalam jarak waktu yang berdekatan bisa memicu terjadinya selip pada bagian kopling.

Konsekunesinya, suhu kopling akan naik dan beban aliran tenaga meuju bagian roda akan tinggi diiringi dengan suhu yang meningkat pula.

2. Komponen rem

Bagian mobil lainnya yang berisiko mengalami kerusakan adalah rem. Hal ini kerap terjadi pada pemilik mobil matic. Sistem kerja rem pada mobil matic yang terus bergerak maju tanpa digas, membuat pemilik mobil kerap menginjak pedal rem untuk melewati lintasan macet dan kondisi jalanan yang terkadang tidak menentu.

Jika kamu pemilik mobil matic, pastikan untuk selalu mengecek kondisi rem setiap saat, terutama ketika sering melewati jalanan yang penuh dengan kemacetan.

3. Kipas elektrik

Komponen mobil rusak karena macet berikutnya adalah motor kipas elektrik. Bisa dibilang paling punya tenaga ekstra untuk bekerja, terutama ketika situasi dengan macet.

Ketika mobil terjebak macet dan dalam waktu yang relatif lama atau intens, maka suhu udara yang ada di ruang mesin juga akan panas. Di sinilah peran kipas mesin mobil bekerja. Jika terlalu sering, maka, kipas elektrik pun akan dipaksa bekerja secara terus-menerus.

4. AC mobil

Terakhir, komponen mobil yang berpotensi bekerja kerasa selama terjebak macet adalah AC mobil. Hal ini melibatkan kondensor, radiator, hingga bagian karet.

Bagian-bagian ini berperan proses dalam menjaga suasana dingin, apalagi ketika mesin mobil tersu menyala dan terjebak macet. Jika ini terjadi, maka AC mobil akan terus bekerja dan bekerja dengan tekanan yang sangat tinggi.

Komponen-komponen lain pun sebenarnya wajib untuk diperhatikan. Apalagi ketika mobil sangat intens digunakan dan selalu berada dalam situasi terjebak macet di jalanan.

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga