fbpx
Lagi Tren, Seperti Ini Memulai Cara Merawat Mobil Listrik
Article 01

Tren kehadiran mobil listrik tak bisa ditampik lagi. Di Indonesia, beberapa waktu yang lalu Lexus dan Nissan sudah tergolong sukses mengenalkan mobil listrik mereka. Pun, Tesla dikabarkan siap merapat di Indonesia. Meskipun tergolong sebagai mobil yang baru diramal punya masa depan cerah, mobil listrik pun butuh perawatan Nah, buat kamu yang mungkin sedang mempertimbangkan apakah akan memilih jenis kendaraan ini, Carsworld akan bagikan cara merawat mobil listrik yang sederhana.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa dimulai bagaimana agar kondisi mobil listrik tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Mobil Hybrid Mulai Jadi Tren, Ini Tips dan Cara Merawatnya

Perawatan fisik mobil

lagi-tren-seperti-ini-memulai-carai-merawat-mobil-listrik

Setiap mobil listrik yang selama ini tampil selalu hadir dengan konsep yang unik dan berbeda. Setidaknya hal ini sudah diperlihatkan oleh Lexus dan Nissan beberapa waktu yang lalu.

Masing-masing pabrikan pun tentunya punya caranya sendiri dalam merakit setiap komposisi mobilnya. Oleh karena itu, perawatan pertama yang mesti dilakukan adalah menjaga bagaimana kondisi fisik mobil tetap baik.

Mulai dari bodi mobil, hingga bagian-bagian lainnya. Sebenarnya, perawatan ini tentunya tidak jauh berbeda dengan mobil non-listrik. Oleh karena itu, jika memang membeli mobil listrik dan mendapatkan panduan perawatan dari pabrikan, seperti kapan jadwal servisnya, pastikan sebagai pemilik untuk tidak pernah melewatkan hal tersebut.

Pemeriksaan piranti lunak

Software atau piranti lunak adalah salah satu ciri khas mobil listrik. Lagi-lagi, setiap pabrikan tentunya punya piranti lunaknya sendiri-sendiri. Sebagai pemilik mobil pun kamu harus beradaptasi dengan hal ini.

Salah satunya adalah piranti lunak yang berfungsi menguhubungkan setiap perangkat pada mobil sehingga bisa mendeteksi kerusakan apa yang kira-kira terjadi pada mobil.

Tak ubahnya piranti lunak pada perangkat komputer atau smartphone, maka piranti pada mobil listrik pun harus diperiksa. Cara ini untuk memastikan agar jika terjadi kendala, kamu segera mengetahuinya dan melakukan perawatan pada mobil listrik.

Perawatan baterai dan pengisian ulang

lagi-tren-seperti-ini-memulai-carai-merawat-mobil-listrik

Tak bisa dipungkiri, baterai dan sumber energi baterai tempat pengisian ulang adalah hal yang penting bagi mobil listrik. Penting kiranya untuk menjaga keutuhan baterai dengan baik. Pemeriksaan secara rutin dan berkala pada baterai mobil listrik adalah hal yang wajib.

Hal yang sama juga berlaku pada pengisian ulangnya. Lexus UX300e misalnya, punya benda yang dapat dijadikan sebagai daya isi ulang baterai mobil listriknya. Oleh karena itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan pada benda pengisian daya ini sebaik mungkin.

Hal ini dikarenakan, belum banyaknya sumber daya listrik yang disediakan untuk mengisi daya baterai mobil listrik. Jadi, ketika sudah punya mobil ini, kamu pun sudah siap dengan cara merawat mobil listrik.

Baca juga: Lexus UX 300e, Mobil Listrik Stylish Kini Resmi Hadir di Indonesia

Baca juga: Setelah Jepang, Mobil Nissan Kicks e-Power Siap Meluncur di Indonesia

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga