fbpx
Modifikasi Mobil Jadi Ceper, Komponen Kaki kaki Wajib Perawatan

Memotong suspensi mobil dan kemudian membuatnya menjadi ceper adalah hal yang memang kerap terjadi. Namun, risiko dari membuat mobil menjadi ceper bukanlah hal yang sembarangan. Modifikasi kaki kaki mobil, berarti sama saja dengan memotong atau bahkan mengubah suspensi mobil.

Namun, risiko yang harus diterima pun juga besar. Jika ingin mengubah bagian suspensi, maka beberapa komponen yang terlibat di dalamnya akan lebih berat untuk bekerja. Jika salah satunya rusak atau kurang berfungsi, maka kenyamanan berkendara pun akan terganggu.

Modifikasi mobil memang dikembalikan pada hak pemilik mobil itu sendiri. Namun, jangan lupakan juga beberapa perawatan komponen penting yang terkait dengan kaki-kaki mobil.

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

1. Shockbreaker

Fungsi komponen yang satu ini adalah agar guncangan saat mobil bergerak bisa diredam dengan maksimal. Hal lainnya, komponen ini membantu pegas atau per untuk menahan berat mobil dan muatannya.

Satu hal yang mungkin harus diketahui sebelum memodifikasi bagian kaki-kaki mobil, bagian shockbreaker biasanya punya umurnya sendiri. Apalagi, jika sudah dimodifikasi, maka daya tahannya pun pasti akan berkurang.

Agar terawat meskipun dimodifikasi, pastikan untuk menghindari lubang atau jalanan yang buruk. Selain itu, hindari membawa beban mobil yang berlebihan. Terakhir, bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada shockbreaker untuk mencegah agar tidak mudah aus.

2. Bushing arm

Komponen berikutnya yang wajib diperiksa ketika akan atau setelah modifikasi kaki kaki mobil adalah bagian bushing arms. Fungsinya sebagai peredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam.

Jika sudah rusak atau aus, maka akan keluar suara berisik yang memengaruhi kenyamanan berkendara. Solusi tepat jika kaki-kaki mobil sudah dimodifikasi dan perawatan bushing arm harus dilakukan dengan adalah dengan mencoba mengendalikan mobil sebaik mungkin di jalanan yang rusak.

3. Tierod dan Balljoint

Dua komponen yang jadi bagian dari kaki-kaki mobil ini berfungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda.

Jadi, jika mobil dimodifikasi, pastikan untuk memerhatikan komponen mobil ini. Terlebih lagi, jika sudah dibuat menjadi ceper dan digunakan dalam kecepatan tinggi akan membuat kestabilan mobil juga terganggu.

Oleh karena itu, pastikan komponen tersebut masih dalam kondisi yang prima. Sementara itu, pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak menjadi rusak adalah dengan menghindari jalanan yang rusak, dan bersihkan bagian ini dengan air tekanan tinggi untuk membersihkan kotoran yang menyelinap.

Spooring dan Balancing

Meskipun mobil sudah dimodifikasi atau bahkan masih dalam normal, pastikan untuk membuat mobil selalu mendapatkan perawatan spooring balancing yang sesuai dengan porsinya. Untuk satu ini, kamu wajib mendapatkan bengkel mobil yang terpercaya, agar perawatan mobil bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis modifikasi kaki kaki mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga