fbpx
Perkiraan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Filter Oli Mobil
Article 01

Jangan pernah bosan untuk selalu diingatkan pentingnya ganti oli mobil. Namun, selama itu pula, jangan pernah lupa untuk ganti filter oli mobil Perannya yang sangat besar sebagai penyaring kotoran akan memastikan mesin kendaraan berfungsi dengan baik.

Jika ganti filter oli mobil sama pentingnya dengan pergantian oli, kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan waktu pergantian filter oli mobil yang tepat.

1. Diganti setiap 10.000 km

Beberapa bengkel mobil atau bahan dari rekomendasi pabrikan mobil pun berpendapat bahwa pergantian filter oli pada mobil dilakukan setiap 10.000 km.

Hal yang sah-sah saja dan ini pun bergantung pada jenis mobil yang dikendarai. Setiap tipe atau varian mobil tentunya punya kapasitas dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Plus, bagaimana penggunaan mobil tersebut dilakukan, sehingga memang benar-benar menguras fungsi dari filter atau oli mobil itu sendiri. Jadi, selain mendapatkan rekomendasi dari pabrikan, pastikan juga untuk berdiskusi dengan pihak bengkel terkait untuk memastikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pergantian filter oli mobil.

2. Bersamaan dengan ganti oli mesin

Namun, jangan terkejut pula jika ada beberapa pihak bengkel yang kemudian memberikan rekomendasi untuk melakukan filter oli mobil bersamaan dengan ganti oli mesin.

Hal ini biasanya akan terlihat jika ada sisa oli yang kemudian mengendap di filter oli dan tidak terbuang. Jika dibiarkan mengendap tentunya saluran kotoran tidak akan bekerja baik. Jika didiamkan pastinya akan memberikan masalah pada mobil.

Selain itu, jika tidak diganti maka oli mesin baru akan tercampur dengan oli mesin lama yang mengendap di filter oli. Pada akhirnya, hal ini akan bergerak di mesin kendaraan, sehingga bisa mengurangi performa oli di mesin kendaraan.

3. Pengaruh filter oli palsu

Faktor lain yang sangat berperan dalam pergantian filter oli, adalah jika pada penggunaan sebelumnya pemilik mobil memioih menggunakan oli filter yang palsu.

Indikatornya bisa terlihat dari daya serap kotoran. Filter oli yang palsu tidak punya daya serap yang yang baik, dengan terlihatnya lubang protector yang kecil dan jarak antar lubang lebih rapat.

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali menggunakan oli filter yang palsu pada mobil, bahkan saat pergantian dilakukan sekali pun. Jika ini terus terjadi dan menjadi kebiasaan akan berakibat buruk pada kondisi mobil.

Baca juga: Fakta Ganti Oli Mobil yang Wajib Diketahui Sebelum ke Bengkel

Baca juga: 3 Penyebab Terciumnya Bau Oli Terbakar Pada Mobil

Dengan diameter kecil, memungkinkan filter oli dapat menyaring kotoran dari luar lebih efektif dibanding yang palsu sehingga meminimalisir kotornya ruang bakar/

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga