fbpx
Pertanda Jika Central Lock Mobil Rusak dan Harus Diservis
Article 01

Central lock mungkin jadi bagian yang kurang dipedulikan. Namun, jika Central Lock mobil rusak, maka hal yang ditimbulkan bisa panjang. Mulai dari kenyamanan, hingga kerepotan yang tidak terkira.

Agar ini tidak terjadi pada mobil, ciri-ciri Central Lock mobil yang rusak sebenarnya sudah bisa dilihat dari beberapa gejala berikut ini.

Baca juga: Punya Mobil Pintu Sliding? Begini Cara Perawatannya

Baca juga: Jarang dilirik, Ini Pemicu Karet Pintu Mobil Berbunyi dan Mulai Rusak

1. Kunci pintu eror

Gejala Central Lock mulai mengalami kerusakan adalah mulai terjadinya gangguan pada kunci pintu. Beberapa implikasinya adalah terlalu cepat mengunci dan membuka pintu, bahkan, berada dalam kondisi yang stabil.

Hal ini bisa merembet pada kelistrikan yang membuat aktuator kunci pintu gagal bekerja, dan bisa-bisa secara otomoatis akan menonaktifkan fitur kunci pintu daya.

Jika ini terjasi sistem otomatis Central Lock tentu tidak akan berfungsi sehingga membuka pintu secara manual.

2. Kontak listrik tak berfungsi

Bagian berikutnya adalah kontak listrik yang tidak berfungsi. Hal ini memang tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun, kontak listrik ini bisa dipastikan karena sakelar aus, yang pada akhirnya tidak bisa mengalirkan daya dengan benar ke bagian aktuator kunci.

Tak hanya itu, hal yang kerap bikin pusing dalam adalah sakelar dapat mengunci dan membuka pintu dengan cepat dan dapat menganggu pengemudi

3. Tombol kunci tidak bekerja

Ein asymmetrischer Algorithmus im Autoschlüssel sorgt für hohe Sicherheit beim Öffnen der Fahrzeugtür per Funk. Die Batteriedauer ist dennoch nicht eingeschränkt.

Faktor berikutnya yang membuat sistem Central Lock mobil rusak adalah karena bagian tomobolnya yang rusak. Apalagi, rata-rata tombol ini terbuat dari plastik yang rentan dengan berbagai masalah. Mulai dari terbenam sendiri atau bahkan mudah berkarat.

4. Faktor kaburator

Sistem karburator yang juga jadi bagian kelistrikan pun sedikit-banyaknya pasti akan berpengaruh pada sakelar kunci. Bahkan ketika ditekan, sakelar pun tidak bisa menghantarkan dayanya pada bagian kelistrikan mobil. Oleh karena itu, rawat karburator mobil dengan baik, agar semua fungsi dari Central Lock berjalan dengan baik.

Lebih pentingnya lagi, setiap komponen mobil saling terkait satu sama lain. Sangat penting untuk menjaga, memeriksa hingga melakukan perawatan secara berkala agar masing-masing komponen mobil berjalan dengan baik.

Baca juga: 3 Hal Ini Jadi Pemicu Alarm Mobil Gagal Bekerja dan Rusak

Baca juga: Cara Efektif Membersihkan Karat yang Muncul di Pintu Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga