fbpx
Punya Mobil Matic? Ini Caranya Tetap Nyaman Saat Terjebak Macet
Article 01

Perkembangan teknologi kian memudahkan bagaimana kehidupan. Hal inilah yang pada akhirnya bisa memicu bagaimana mobil matic bekerja. Meskipun mobil manual masih tetap diluncurkan, namun mobil matic. Meskipun terlihat simpel dan mudah digunakan, namun pada dasarnya, mobil ini bisa bermasalah dan rusak. Terutama, ketika mobil matic terjebak macet

Agar tidak mudah rusak dan ketika terlalu banyak berada dalam jalanan yang macet, beberapa cara berikut ini akan membantu mobil matic tetap sehat.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Oli Transmisi Mobil Matic Berkurang

Baca juga: Sebelum Dikemudikan, Ini Cara Tepat Mengenali Transmisi Mobil Matik

1. Rawat tuas transmisi

punya-mobil-matic-ini-caranya-tetap-nyaman-saat-terjebak-macet

Karena terlalu praktis, tak jarang beberapa pemilik mobil matic bisa seenaknya menggunakan tuas transmisi. Faktanya, positi dan urutan penggantian tuas transmisi pada mobil matic tidak bisa dianggap sepele. Posisi-posisi yang tidak boleh dilakukan pada tuas transmisi harus benar-benar dijaga, terutama ketika mobil sedang terjebak macet.

Jadi, berhati-hatilah menggunakan tuas transmisi. Mana yang sebaiknya digunakan saat macet, mana yang sebaiknya digunakan saat parkir. Jika salah dan tidak tepat, bisa-bisa mobil matic yang terus-terusan terjebak macet bisa menjadi rusak.

2. Posisi kaki

punya-mobil-matic-ini-caranya-tetap-nyaman-saat-terjebak-macet

Posisi kaki pun menjadi hal yang penting. Meskipun terkesan sepele, namun, posisi kaki kiri yang terbiasa untuk menginjak pedal kopling di mobil manual, biasanya akan merembet di mobil matic. Oleh karena itu, bebaskan kaki kirimu, dan biarkan kaki kanan yang bekerja menginjak pedal gas dan rem.

Hal ini penting untuk dilakukan mengingat, tak jarang pemilik mobil matic, secara tidak sadar mengaktifkan kaki kirinya dan menginjak rem secara tiba-tiba, terutama ketika sedang terjebak macet.

Jika ini terus dilakukan pada mobil matic, maka secara otomatis akan membuat kaki kiri akan menginjak rem. Jika terus dilakukan dan berualng kali ketika terjebak macet, maka bisa membuat gesekan mobil bekerja dengan tidak baik.

Satu hal yang patut untuk disimak adalah bagaimana melatih kaki untuk menginjak pedal rem, terutama ketika akan berganti transmisi. Tujuannya adalah agar ketika ganti transmisi, mobil tidak akan berjalan secara otomatis. Hal ini tentunya wajib dilakukan, apabila jika memang sering terjebak macet.

3. Maksimalkan tombol HOLD

punya-mobil-matic-ini-caranya-tetap-nyaman-saat-terjebak-macet

Tombol yang satu ini merupakan salah satu keunggulan yang memang spesial dirancang untuk mobil matic. Fungsinya adalah untuk mengunci gigi, ketika tuas transmisi pada posisi D.

Jika tombol ini aktif, maka akan membuat mobil terkunci pada gigi dua atau gigi tiga, Bahkan, beberapa pabrikan mobil diantaranya mengombinasikannya dengan penghematan BBM.

Hal ini tentunya penting, agar mobil matic terjebak macet tidak menajdi rusak dan boros bahan bakar minyak.

Baca juga: Bagian Komponen Mobil Transmisi Matic yang Wajib Servis

Baca juga: 6 Cara Efektif Supaya Mobil Matic Jadi Lebih Hemat BBM

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga