fbpx
Seandainya Punya Mobil Listrik, Ini Tips Sederhana Perawatan Baterai
Article 01

Akan terus dibicarakan dan berkembang, memilih mobil listrik tentunya penuh pertimbangan. Salah satunya adalah energi yang dihasilkan berkat penggunaan baterai dan disebut ramah lingkungan. Namun, tentu saja dibutuhkan tips perawatan baterai mobil listrik tersendiri.

Seandainya, suatu saat nanti, kamu punya mobil listrik, berikut beberapa cara perawatan sederhana baterai mobil tersebut.

Baca juga: Mobil Hybrid Mulai Jadi Tren, Ini Tips dan Cara Merawatnya

Baca juga: Lagi Tren, Seperti Ini Memulai Cara Merawat Mobil Listrik

1. Faktor slow charging

Beberapa mobil listrik punya dua hal yang kerap disebut fast dan slow charging. Namun, beberpa rekomendasi dari para ahli dan teknisi di beberapa pabrikan mobil, menyarankan untuk menggunakan slow charging saat pengisian.

Jika yang digunakan sebaiiknya yaitu fast charging, disarankan pada kondisi presentase baterai sudah menipis

Hyundai yang tengah getol menyiapkan mobil listrik misalnya menyarankan pengisian ulang baterai mobil listrik dilakukan ketika sudah berada di bawah 20 persen. Cara ini agar tidak terjadi penurunan kinerja baterai pada mobil listrik.

2. Hitung persentase baterai secara rutin

Sama sepertinya smartphone, buat kamu yang nantinya punya mobil listrik harus teliti dalam melakukan pengisian ulang dan mengentahui bentuk kebutuhan mobil.

Untuk kebutuhan sehari-hari misanya, disarankan untuk mengisi ulang baterai hingga persentase 90 persen.

Sebaliknua, jika sedang menempuh perjalanan jauh, maka pengisian harus dilakukan 100 persen. Oleh karena itu teliti dengan kebutuhan mobil listrik kamu nantinya.

3. Hindari baterai benar-benar kosong

Lagi, lagi seperti halnya perangkat gawai seperti laptop dan smartphone, pada mobil listrik baterai jangan benar-benar dibiarkan dalam kondisi kosong.

Sederhananya, jika jarang digunakan dan hanya untuk kebutuhan tertentu, jangan biarkan baterai mobil benar-benar nol. Tidak direkomendasikan juga membuarkan mobil dengan baterai yang selalu full dalam jangka waktu yang lama.

4. Posisi parkir

Posisi parkir pun bisa jadi salah satu tips perawatan baterai mobil listrik. Hal ini terjadi karena suhu yang terlalu panas atau parkir di tempat terbuka dapat membuat energi baterai menurun lebih cepat. Begitu juga ketika suhunya terlalu rendah atau dingin. Baterai rentang berkurang energinya.

Oleh karena itu, parkir lah mobil di tempat yang teduh.

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga